5 Cara Menyadarkan Masyarakat Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

KATAINDONESIA.COM – Sikap Masyarakat untuk Menjaga Keutuhan NKRI

1/ Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Hal pertama yang wajib kita lakukan untukn menyadarkna masyarakat agar ikut andil dalam menjaga keutuhan NKRI adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air. Apabila kita sudah memiliki cinta tanah air tinggi maka kita akan senantiasa menjaga keamanan wilayah negara dari setiap ancaman yang dtang baik itu dari luar maupun dari dalam negara sendiri.

Advertisement

Selain itu rasa cinta tanah air juga mampu menumbuhkan rasa untuk menjaga kelestarian lingkungan, menjaga ekosistem dan menjaga kekayaan alam dengan baik guna meningkatkan kesejhateraan rakyat. Kemudian warga negara yang memiliki cinta tanah air juga akan senantiasa belajar manguasai ilmu pengetahuan dan berbagai disiplin umum yang diamalkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Apabila hal-hal seperti ini dapat kita tumbuhkan maka kutuhan NKRI dapat terjaga dengan baik.

2/ Menjaga persatuan dan kesatuan

Menjaga persatuand dan kesatuam seluruh rakyat Indonesia tak hanya ditingkatkan di wilayah pusat saja, namun juga harus kita galakkan di daerah-daerah terpencil.  Persatuan dan kesatuan sangat penting sebagaiman yang sudag tercantum dalam sila ke tiga Pancasila. Hal ini dapat kita kembangkan melalui sikap-sikap berikut seperti giat mengadakan kerja sama antar suku bangsa dan daerah di Indonesia.

Ikut memberikan bantuan tanpa membedakan darimana asalnya, memperluas pergaulan dan mempelajari kesenian daerah lain serta tidak memandang teman dari suku atau daerah asal. Apabila sikap-sikap tersbeut dapat kita galakkan, maka hubungan antar masyarakat Indonesia akan terjaga dan senatiasa lebih erat, sehingga hal ini dapat memperkokoh kesadran masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI.

3/ Meningkatkan rasa rela berkorban

Rela berkorban merupakan proses interaksi sosial akan kesediaan dan keikhlasan untuk memberikan sesuatau yang dimliki untuk kepentingan orang lain meskipun akan menyebabkan penderitaan bagi diri sendiri. Sikap ini dilakuakan secara ikhlas untuk mendahulukan kepetingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri. Sepeti kita ketahui, bangsa Indonesia saat ini telah mengalami berbagai problematika menghadapai masalah-masalah negara seperti harga bahan pokok yang semakin tinggi.

Kejahatan yang merajalela, biaya pendidikan dan kesehatan mahal serta pembangunan yang belum merata. Hal-hal inilah yang harusnya bisa kita atasi bersama dengan sikap ikut berpartisipasi tenaga dan pikiran untuk bersama-sama memecahkan masalah tersebut guna mempertahankan wilayah NKRI. Partispasi tenaga dan pikiran yang dimaksud seperti bermusyawarah mencari jalan solusis untuk perbaikan dan pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh NKRI.

4/ Menigkatan beberapa kesiapan

Cara menyadarkan masyarakat berikutnya adalah meningkatkan beberapa kesiapan yang mencakup beberapa hal seperti :

Kesiapan SDM, yakni kesiapan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki

Kesiapan sosial budaya, yakni kesiapan dalam menciptakan suasana kompetitif dalam berbagai bidang kehidupan

Kesiapan keamanan, baik stabilitas politik dalam negeri maupun luar negeri

Kesiapan perekonomian rakyat yang adil dan merata

5/ Tidak melupakan sejarah

JASMERAH! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Agaknya hal ini juga dapat kita tanamkan sebagai cara menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI. Bukan hanya pelajar yang wajib mempelajarinya sebab pelajaran sejarah masuk dalam kurikulum sekolah, tapi seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk mengenali berbagai bentuk sejarah. Dengan mempelajari sejarah, maka kita bisa kilas balik tentang betapa beratnya perjuangan pahlawan Indonesia dalam mengusir para penjajah. Kegiatan tersebut bisa kita hidupkan dengan mengadakan rutinitas pemutaran film-film perjuangan, yang tak hanya bisa kita nikmati di hari Kemerdekaan saja. Jika hal ini dapat kita galakkan dengan baik serta ada dorongan dari peran lembaga pendidikan, maka kesadaran masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI dapat tumbuh dengan baik.

Info Lomba Terbaru