6 Makanan Khas Minangkabau Sumatra Barat yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Oleh: Shania Saufa

Sumatera Barat merupakan gudangnya kuliner makanan enak dan menggugah selera. Makanan dari kawasan ini terkenal dengan santan kental serta bumbu rempah yang membuat cita rasanya jadi lezat dan bikin ketagihan. Ciri khas makanan khas Sumatera Barat selain santan yakni rasanya yang pedas.

Rasa pedasnya berasal dari sambal merah dan sambal hijau. Berikut ini berbagai kuliner khas Belitung yang dapat kamu cicipi selagi berlibur disana.

Advertisement

1. Lompong Sagu
Terlihat dari namanya kudapan negeri Minang ini tebuat dari bahan dasar tepung sagu, pisang, dan juga gula merah, yang diproses dengan cara dimasak dengan bungkusan daun pisang.

Lompong sagu memiliki cita rasa yang sangat manis, lompong sagu mempunyai tekstur yang sangat lembut dan tentunya mengenyangkan. Biasanya keu ini dipanggang dan juga diberikan taburan kelapa parut diatasanya sebelum dinikmati.

2. Soto Padang
Soto Padang memiliki bahan berupa daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan kuah berkaldu sapi. Daging sapidigoreng kering dan dipotong kecil-kecil seperti dendeng. Rasa masakan khas Sumatera Barat ini gurih dan segar saat disajikan hangat-hangat. Ditambah lagi nasi atau ketupat serta kerupuk warna pink khas Padang.

3. Gulai Itiak
Menu makanan khas Sumatera Barat lainnya yakni Gulai Itik. Makanan ini terbuat dari bebek muda dan cacahan cabai hijau. Alasan menggunakan bebek muda karena bebek itu berusia sekitar 6 bulan dan teksturnya empuk.

Lalu Gulai Itik akan dihilangkan isi perut dan bulunya. Kemudian dimasak dengan bumbu kaya rempah seperti kunyit, lengkuas, bawang putih, cabai hijau, dan bawang merah. Untuk memasaknya bisa mencapai sehari satu malam agar bumbunya meresap dan dagingnya semakin lunak.

Baca Juga: Wisata Kuliner Populer di Bandung yang Wajib Kamu Datangi!

4. Rendang
Siapa yang tidak tahu makanan popular yang terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang melimpah ini? Makanan ini memang sangat lama dalam pembuatannya. Agar rasanya meresap, semua bumbu dan potongan daging dicampur menjadi satu dan terus diaduk sampai matang dan bumbu kering serta berwarna hitam. Apalagi dimakan dengan nasi hangat, rasa rendang yang gurih nan pedas, lamak bana!

Rendang kini semakin terkenal sampai ke mancanegara. Makanan ini masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food dari CNN pada tahun 2011. Rendang dapat ditemukan di seluruh rumah makan Padang.

5. Gajeboh
Siapa bilang jika makanan khas sumatera barat hanya rendang saja, masih banyak lagi makanan yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke kota yang satu ini. Salah satunya adalah gajeboh atau juga masyarakat menyebutnya dengan sandung lamur. Masakan yang satu ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, hanya saja yang digunakan adalah bagian punuk daging sapi tersebut karena dibagian ini terdapat banyak lemaknya. Cita rasanya selain nikmat tentu saja gurih karena berasal dari lemak daging sapi tersebut.

Makanan khas sumatera barat yang satu ini menggunakan kuah seperti kuah gulai berwarna merah dan tidak dimasak dengan santan. Nah lemak yang berasal dari daging sapi tersebut memberikan sensasi rasa yang sangat berbeda dan juga tentu saja nikmat.

6. Sate Padang
Sate Padang merupakan salah satu makanan khas sumatera barat. Makanan bisa kamu temui di kota selain Padang. Daging Sate Padang menggunakan daging sapi. Ada juga yang menggunakan lidah sapi. Yang khas dari makanan ini yakni menggunakan kuah yang sangat kental dan berwarna kuning. Apalagi dimakannya dengan menggunakan lontong.

Info Lomba Terbaru