Adab Kepada Suami Dalam Islam Yang Harus Diketahui Oleh Para Istri!

Laporan : Halwa Fitriosa Khalida Falaquera

Saat sudah terikat dalam janji pernikahan, suami dan istri memiliki hak dan kewajibannya masing-masing yang harus dijalankan dan dipenuhi.
Jika suami bertanggung jawab untuk menafkahi dan lain sebagainya, istripun sama halnya, memiliki kewajiban yang berkaitan dengan adab istri kepada suaminya.

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 442) menjelaskan tentang 16 adab istri terhadap suami sebagai berikut:

Advertisement

1. Senantiasa merasa malu terhadap suami.
Sebagai istri hendaknya kita memiliki atau mempertahankan rasa malu kepada suami. Malu disini artinya rasa malu ketika berpenampilan tidak menarik, aroma yang tidak sedap dari badan dan lain sebagainya yang bukan hanya mengganggu suami, bahkan diri sendiripun akan merasa terganggu.

Baca juga: BENARKAH MENDENGARKAN MUSIK DAPAT MENINGKATKAN MOOD?

2. Tidak banyak mendebat.
Seorang istri hendaknya tidak mendebat suami dalam hal-hal yang tidak perlu. Namun demikian diskusi serius dengan suami untuk mencari solusi terbaik dari suatu permasalahan baiknya dilakukan, hal ini dalam rangka bermusyawarah.

3. Senantiasa taat atas perintahnya.
Dalam hal yang tidak bertentangan dengan syara’ seorang istri wajib untuk mentaati perintah dari seorang suami.

4. Diam ketika suami sedang berbicara.
Ketika seorang suami sedang mengatakan sesuatu maka seorang istri hendak untuk mendengarkan sang suami dengan baik. Jika ingin memotong pembicaraannya sebaiknya untuk izin terlebih dahulu.

5. Menjaga kehormatan suami ketika ia sedang pergi.
Saat suami sedang tidak berada dirumah, seorang istri tetap harus beprilaku baik. Maksudnya adalah tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk bersenang-senang menuruti hawa nafu.

6. Tidak berkiahanat dalam menjaga harta suami.
Seorang istri adalah pihak yang paling dipercaya suami untuk menjaga hartanya. Kepercayaan ini tidak sebaiknya dikhianati dengan penghambur-hamburan yang tidak perlu.

7. Menjaga badan tetap berbau harum.
Sebagai seorang wanita apalagi yang sudah bersuami hendaknya menjaga aroma badan agar tetap wangi, sehingga suami merasa nyaman disamping anda.

8. Mulut berbau segar dan berpakaian bersih.Istri juga harus memperhatikan hal yang sekecil ini, menjaga agar mulu tetap wangi segar dan pakaian selalu bersih.

9. Menampakkan qana’ah.
Istri boleh mendorong dan mendoakan suami agar lebih maju dalam bidang perekonomian, dan lain sebagainya, tapi istri hendaknya juga mensyukuri apapun jumlah atau wujud yang diberikannya.

10. Menampilkan sikap belas kasih.
Dalam ini istri hendak mendukung apapun jerih payahnya, jangan sampai mengeluarkan kata yang akan merendahkan dirinya.

11. Selalu berhias.
Istri hendak selalu berpenampilan menarik didepan suami, agar suami menjadi lebih betah dirumah dan tidak mencari-cari alasan keluar rumah.

12. Memuliakan kerabat dan keluarga suami.
Istri hendaknya dapat memperlakukan kerabat dan keluarga suami dengan baik tanpa mempersoalkan status sosial mereka.

13. Melihat kenyataan suami dengan keutamaan.
Apapun keadaan suami, baik dan buruknya sebagai seorang isri hendaknya dapat menerimanya sebagai kenyataan. Bersyukur dan sabar merupakan keutamaan dari Allah SWT.

14. Menerima hasil kerja suami dengan rasa syukur.
Berapa pun penghasilan suami, anda harus mensyukuri. Dengan mensyukuri nikmat-Nya, Allah akan menambahkan dengan berbagai kenikmatan yang lain.

15. Menampakkan rasa cinta kepada suami kala berada di dekatnya.
Dalam hal ini, tujuan menikah adalah memiliki dan membentuk keluarga yang saling mencintai. Maka dari itu tunjukan rasa cinta anda kepada suami saat berada didekatnya.

16. Menampakkan rasa gembira di kala melihat suami.
Saat keadaan dan situasi apapun yang sedang anda alami, hendaknya selalu menunjukan rasa gembira didepan suami, agar ia pun ikut senang. Apabila ingin menceritakan masalah anda lebih baik anda lakukan saat suami sedang tidak sibuk dalam kerjaannya.

Info Lomba Terbaru