Begini Hikmah Gak Punya Pacar di Usia Produktif yang Jarang Disadari

Berada di usia produktif terkadang bisa cukup menyulitkan. Tuntutan sosial yang diterima seringkali menjadi beban tersendiri meski seharusnya tidak perlu semua dituruti. Permasalahan yang sering muncul biasanya berkaitan dengan pasangan. Baik pacaran atau harapan segera menikah, keduanya bisa menciptakan beban dalam pikiran.

Baca Juga: Muslimah Suka Nonton Drakor? Bagaimana Hukumnya?

Memiliki pasangan tentu merupakan hal yang baik, tapi memutuskan untuk sendiri dulu sebenarnya juga gak buruk. Banyak keuntungan yang sebenarnya bisa didapatkan ketika kita memilih jadi jomlo. Berikut beberapa hikmah dari keputusan untuk gak pacaran lebih dulu yang jarang disadari.

1. Bisa lebih fokus pada peningkatan kualitas diri

Advertisement

Saat tidak dalam sebuah komitmen hubungan, kita justru bisa lebih fokus pada urusan lain yang terkadang malah jauh lebih penting. Misalnya saja kita bisa fokus untuk meningkatkan karier, yang sebenarnya merupakan bentuk usaha menuju mapan demi mempersiapkan hubungan masa depan yang stabil.

Selain itu, kita juga bisa lebih fokus mengejar gelar pendidikan, yang seringnya mudah terganggu akibat sibuk pacaran. Bukannya mengesampingkan untuk menjalin hubungan, hanya saja yang sering terjadi adalah masalah dengan pasangan bisa mempengaruhi fokus kita, baik pada pekerjaan maupun pendidikan.

2. Gak harus direpotkan dengan problem cinta yang sering bikin galau

Sebuah hubungan seringkali tidak akan mungkin terhindar dari masalah. Bahkan saat pacaran, masalah-masalah yang timbul jauh lebih banyak sebab masih sama-sama berusaha mengenal karakter masing-masing. Problem percintaan semacam ini pada akhirnya justru sering membuat galau.

Kegalauan karena cinta itu gak kenal usia, semua pasti merasakannya. Sayangnya, imbas dari kegalauan cinta ini akan dapat mempengaruhi aspek kehidupan kita yang lain. Kalau sudah begini, kita jadi kehilangan fokus dan pikiran akan jauh dari tenang.

3. Keluarga, terlebih orangtua, jadi prioritas

Pasangan, dalam hal ini pacar, seringkali akan menyita hampir semua perhatian kita. Bukan meninggalkan yang lain, hanya saja pacar biasanya menjadi prioritas utama. Alhasil, orang-orang terdekat kita terkadang merasa terabaikan, salah satunya orangtua. Di satu sisi mereka bahagia melihat kita serius menjalin hubungan, tapi di sisi lain mereka juga rindu perhatian dari kita.

Hal-hal semacam ini akan bisa dihindari saat kita memutuskan untuk sendiri dulu untuk sementara waktu. Menjadi jomlo justru akan menjadikan keluarga sebagai prioritas, seperti berusaha membahagiakan orangtua lebih dulu meski sekadar menghabiskan akhir pekan bersama di rumah.

 

Info Lomba Terbaru