Bikin Ngilir! Wisata Kuliner Khas Bogor Ini Wajib Dicicipi 

Oleh : Shania Saufa

Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini memiliki banyak kuliner yang beragam. Aneka kudapan hingga main course memang selalu berhasil dalam hal memanjakan lidah pengunjung. Mungkin diperlukan waktu lebih dari satu hari untuk menikmati semua kuliner favorit di kota Bogor.
Dari banyaknya tempat kuliner khas di Bogor, beberapa sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Memiliki cita rasa lezat dengan tampilan menarik yang tak berubah sejak dahulu, beberapa wisata kuliner di Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan. Yuk, cari tahu kuliner apa saja yang ngga boleh kamu lewatkan kalau kamu sedang berkunjung ke kota Hujan ini.

Advertisement

1. Roti Unyil Venus Bakery
Sesuai namanya, Roti Unyil Venus Bakery memiliki ukuran yang mungil. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu campur dalam satu kardus kemasan, mulai dari yang manis seperti cokelat, pisang keju, nanas, serikaya, susu, dan vla, hingga yang asin seperti sosis, abon, sosis keju, dan daging asap. Beberapa favorit pengunjung adalah roti unyil dengan vla dan topping butiran jagung.

Baca juga: Kuliner Khas Indonesia Bagian Barat Dengan Cita Rasa Otentik

2. Popolo Coffee
Tempat ini muncul sebagai daftar teratas yang ramai direkomendasikan pengguna sosial media ketika bertanya “dimana kedai kopi yang oke di Bogor?” Nama kuliner Bogor Popolo, berasal dari bahasa Italia, yang artinya People atau Orang-Orang.

Lokasi kuliner Bogor ini berada di dalam Taman Budaya dengan pemandangan sekeliling pohon-pohon dan tanaman hijau. Popolo yang menempati rumah kaca mungil ini pun terasa begitu asri. Apalagi di siang hingga jelang sore, ada bonus cahaya matahari alami yang menembus kaca.

3. Kajoemanis Nusantara
Kuliner Bogor Kajoemanis Nusantara termasuk salah satu restoran keluarga bergaya rumahan dengan hidangan tradisional. Kajoemanis berlokasi di dalam area kota wisata. Dari luar tampak menarik dengan eksteriornya yang modern. Restoran ini menyediakan aneka masakan Khas Nusantara dengan menu andalan kami mulai dari, aneka Sate, Iga Bakar, Nasi Bakar, Empal Gentong, dll. Menu nasi andalan di sini, Nasi Tumpeng Mini Kajoemanis. Berupa tumpeng mini dengan lauk komplet. Nasi kuning, dengan ayam tangkap, urap, tempe orek, hingga cakalang rica-rica. Menu ini laris dipesan, karena porsinya yang banyak, dan pilihan lauk yang beragam.

4. Kluwih
Kluwih Sunda Autenthic, tempat makan yang sajikan hidangan khas Sunda dengan bangunan megah dan indah. Ketenaran restoran satu ini bahkan sampai ke telinga Presiden. Restoran Kluwih Sunda Autenthic dibangun di atas lahan yang memiliki pohon besar. Terlihat sangat pas dengan interior yang didominasi kayu. Kehadiran tanaman “raksasa” di tengah-tengah tempat makan juga menjadikan suasana lebih sejuk. Unik sekali.

5. Doclang
Sekilas, doclang mirip dengan kuliner ketupat tahu yang bisa kamu temukan di daerah Jawa Barat. Umumnya, satu porsi doclang terdiri dari irisan tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, dan pesor, lalu disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan kerupuk. Keistimewaan doclang terletak pada pesor tersebut. Pesor rmerupakan sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun patat, yakni daun yang tumbuh di lereng Gunung Salak.

6. Toge Goreng Ibu Hj. Omah
Meski namanya taoge goreng, taoge yang disajikan di banyak tempat kuliner Bogor dimasak dengan cara direbus. Setelah itu, taoge rebus disajikan dengan irisan tahu goreng, potongan ketupat, mi kuning, yang disiram bumbu kacang berisi taoco dan oncom. Kuliner ini paling pas dinikmati saat kuah bumbunya masih hangat. Apabila ingin mencoba taoge goreng, kamu bisa datang ke tempat yang paling legendaris bernama Toge Goreng Ibu Hj. Omah. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Soedirman No 23A.

Info Lomba Terbaru