Billy Mambrasar di KTT Youth G20 Arab Saudi: “Omnibus Law meningkatkan Kesempatan Kerja di Indonesia”

Sejumlah perwakilan dari Indonesia menjadi pembicara dalam KTT Youth 20 yang pusatnya digelar di Riyadh, Arab Saudi pada tanggal 15-18 Oktober 2020.

Adapun KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Y20 merupakan rangkaian acara menuju ke Konferensi

Advertisement

2 dari 3 Tokoh muda Indonesia yang terpilih untuk berbicara di forum tersebut adalah Staf Khusus Milenial Presiden: Billy Mambrasa, dan Keponakan Prabowo Subianto: Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Mereka menyampaikan pandangannya masing-masing secara virtual.

Baca juga: Amphuri Kubu Fauzan Amien Ungkap Sudah Disahkan Kemenkumham

Dalam rilis yang diberitakan, Billy mengungkapkan, Dirinya terpilih untuk masuk dalam komite “Youth Empowerment”, atau Pemberdayaan anak muda.

“Komite kami memastikan agar kesempatan Pendidikan, pelatihan dan pekerjaan untuk anak muda di negara anggota G20 tetap ada, walaupun adanya Pandemic Covid 19. Saya mempresentasikan tentang Indonesia, dan bahwa niat baik dari Presiden RI untuk meningkatkan Iklim Investasi dengan penyederhanaan UU Cipta Kerja, juga untuk memastikan hal tersebut” Jelas Billy dalam Rilisnya.

Pernyataan tersebut, saat disampaikan dalam rapat-rapat penyiapan draft communique untuk diberikan kepada para Pemimpin negara G20, agar menjadi kebijakan bersama, dan mendapat sambutan yang sangat Positif dari delegasi negara G20 lainnya

“Poin lain yang saya masukkan ke dalam communique tersebut adalah bahwa Delegasi Muda Indonesia meminta seluruh negara G20 untuk memobilisasi sumber daya yang dimiliki, baik keuangan, teknologi, maupun kebijakan yang tepat untuk memastikan bahwa dampak Pandemi COVID-19 tidak menimbulkan pengangguran yang lebih tinggi di kalangan anak muda,” ujarnya, Sabtu (17/10).

“Akan tetapi dapat menstimulasi sektor-sektor perekonomian melalui dunia usaha dan kewirausahaan untuk dapat menyerap tenaga kerja,” lanjutnya.

Sementara, Rahayu juga akan membawa sejumlah pandangannya untuk kemajuan anak-anak muda.

Rahayu didapuk berbicara dalam diskusi panel bertajuk “ The Grass Is Greener Youth Leading Sustainable Recovery” pada Sabtu 17 Oktober 2020 Pukul 16:40 waktu Arab Saudi (pukul 20.40 waktu WIB).

Diketahui, Y20 adalah salah satu forum diplomatik internasional yang paling berpengaruh bagi pemimpin muda, dan satu-satunya mimbar yang diakui secara resmi bagi kaum muda untuk terlibat lebih luas dengan G20.

Untuk pertama kalinya KTT Y20 diselenggarakan di kawasan timur tengah, di Kerajaan Arab Saudi. KTT Y20 tahun 2020 menandai puncak dari pekerjaan delegasi pemuda dari negara-negara G20.

Para pemimpin muda akan menyumbangkan rekomendasi kebijakan agenda G20 untuk disampaikan kepada pemimpin G20 dalam bentuk pengumuman resmi Y20. Untuk pertama kalinya, Y20 menghadirkan KTT ini kepada khalayak dunia.

Info Lomba Terbaru