Demi Kunjungan Kerja, Gubernur Anies Bertolak ke Casablanca dan Istanbul

JAKARTA, KataIndonesia.com – Untuk menindaklanjuti kerja sama Sister City, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Kota Casablanca, Maroko yang dilanjutkan ke Istanbul, Turki.

Kunjungan ke Casablanca merupakan respons atas undangan dari Wali Kota Casablanca, Abdeelaziz Omari, untuk berpartisipasi dalam “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018”.

Secara khusus, Anies akan menjadi keynote speaker pada sesi “Strategic Masterplanning Green Urban Development” pada tanggal 18 April 2018.
Selain itu, dalam kunjungan ke Maroko ini, Anies juga diagendakan mengikuti sejumlah kegiatan seperti, temu wicara dengan masyarakat Indonesia di Wisma Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat pada 17 April 2018.

Advertisement

Kemudian, pada 19 April 2018 Anies direncanakan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Program Internasional di Hasan II University, Casablanca. Adapun materi yang akan disampaikan yakni, terkait program pembangunan di DKI Jakarta.

Dalam mengembangkan kerja sama pada tingkat provinsi, Anies dan Presiden of Regional Council Casablanca-Settat akan melakukan pertemuan dan menandatangani kerja sama Sister Province antara Jakarta dan Casablanca-Settat.

Adapun potensi bidang kerja sama yang akan dilakukan kedua belah pihak yakni, kepelabuhanan dan kemaritiman; pariwisata dan kebudayaan; usaha kecil dan menengah; serta pendidikan dan pelatihan.

Usai mengakhiri kegiatan di Casablanca, Anies dijadwalkan bertolak ke Istanbul Turki pada 19 April 2018 untuk memenuhi undangan Wali Kota Istanbul, Mevlut Uysal.

Mempererat kerja sama Sister City yang sudah terjalin sejak tahun 2007, keduanya akan melakukan pertemuan pada 20 April 2018 untuk membahas kerja sama terkait pengelolaan air bersih dan limbah, manajemen fasilitas sosial, serta promosi kepariwisataan.

Pada hari yang sama, Anies akan diajak untuk melakukan peninjauan Istanbul Water and Sawerage Administration (iSKi). Kemudian, Anies akan melakukan pertemuan dengan otoritas setempat yang membidangi penanganan fasilitas sosial, serta koperasi, usaha kecil dan menengah.
Usai kegiatan tersebut, Anies diagendakan mengadakan temu wicara dengan palajar asal Indonesia di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Selanjutnya, pada tanggal 21 April 2018 diadakan pertemuan dengan pihak Kantor Pengelola Grand Bazaar Istanbul. Tujuannya, untuk berbagi pengalaman dan informasi terkait penataan UKM dan kawasan terpadu objek wisata.

Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta, Muhamad Mawardi mengatakan, dalam kunjungan kerja tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, Dian Ekowati ikuti mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kemarin, Pak Gubernur bertolak ke Casablanca melalui Bandara Soekano-Hatta pukul 20.00,” ujar Mawardi, Selasa (17/4).

Mawardi menambahkan, usai rangkaian kegiatan tersebut, Anies dijadwalkan tiba di tanah air pada 23 April 2018. “Sesuai jadwal penerbangan, beliau tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 18.00 pada 23 April 2018,” tandasnya.

 

Info Lomba Terbaru