Hindari Hal Ini Ketika Sedang Haid!

Laporan : Halwa Fitriosa Khalida Falaquera

Wanita yang sudah baligh akan selalu mendapatkan tamu bulanan yang rutin menghampiri, yaitu mentruasi atau haid. Saat sedang haid biasanya wanita akan mengalami nyeri perut, lesu, nyeri pada payudara, ngilu di bagian pinggang dan suasana hati yang berubah-ubah atau moody seketika.

Ketika nyeri haid sedang melanda, tidak heran jika biasanya wanita hanya ingin berada dikamar seharian, hanya untuk tiduran bahkan sampai ada yang harus nungging agar mengurangi rasa nyeri perut dan ngilu di pinggang.

Advertisement

Menghindari beberapa kebiasaan tertentu dapat membuat keluhan yang dirasakan saat haid menjadi lebih ringan dan mencegahnya menjadi lebih buruk. Maka dari itu lakukan hal-hal ini ketika anda sedang mentruasi atau haid. Apa saja hal yang harus dihindari?

Dilansir dari sehatq.com hal ini harus anda hindari ketika sedang menstruasi :

1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin.
Untuk anda yang suka dengan makanan asin lebih baik ketika sedang mentruasi atau haid hindari untuk memakannya terlebih dahulu. Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin dapat membuat gejala haid yang anda rasakan menjadi lebih buruk. Makanan yang asin bisa mendorong terjadinya retensi air yang dapat memperburuk rasa kram yang dirasakan oleh wanita ketika sedang haid.

Baca juga: Menarik, Forum Diskusi Terbatas KMI Bersama FPMSI Kupas ” Perpindahan Ibu Kota Negara Sebagai Kejayaan Masa Depan Bangsa”

2. Jangan dulu mengonsumsi minuman yang berkafein
Apakah anda wanita pecinta kopi? Jika iya, sebaiknya hindari dulu mengonsumsi kopi ketika sedang menstruasi atau haid. Sebab kafein yang terdapat di dalam kopi, teh, soda, dan minuman mengandung kafein lainnya dapat memengaruhi hormon seks anda selama menstruasi, serta bisa menurunkan aliran darah pada rahim.

3. Jangan berhubungan seks
Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa berhubungan seks saat mentruasi dapat meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. Hal ini beresiko karena terjadinya penyakit yang ditularkan melalui darah lebih mudah berpindah.

4. Jangan menggunakan douche
Douching berarti membersihkan vagina dengan cairan yang terdiri dari campuran berbagai bahan kimia. Biasanya cairan douching mengandung air, baking soda, cuka, pewangi, dan antiseptik. Cairan tersebut dikemas dalam sebuah douche, yaitu kantong dengan selang atau semprotan yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan pada area kewanitaan.

Dalam hal ini anda haru menghindari dalam menggunakan douche selama menstruasi karena secara umum douche malah akan mengganggu keseimbangan mikroorganisme normal yang ada di dalam vagina. Hal ini tentu bisa memicu terjadinya infeksi.

5. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama
Mengganti pembalut secara teratur merupakan bagian yang penting dalam menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, sebagian wanita lupa atau secara sengaja menggunakan satu pembalut untuk waktu yang lama, bahkan sampai seharian. Hal ini bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur karena area kewanitaan yang lembab.
Sebaiknya, patuhi larangan saat haid ini dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali ketika menstruasi. Tetaplah ganti pembalut, meskipun Anda mungkin merasa pembalut belum penuh.

6. Jangan Begadang
Begadang atau tidur dalam waktu yang lebih sedikit biasanya bisa meningkatkan hormon stress kortisol yang dapat memicu terjadinya ketidak seimbangan hormon yang menyebabkan gejala premenstruasi semakin berat.

7. Jangan Merokok
Jika anda adalah perokok maka lebih baik menghindari hal ini terlebih dahulu ketika haid. Ada sebuah studi dari jurnal Tobacco Control menemukan bahwa wanita haid yang perokok cenderung mengalami dismenore yang lebih menyakitkan daripada wanita yang tidak merokok.

Info Lomba Terbaru