Ikan Bakar Pak Tarjo, Makanan Seafood Terenak di Jakarta

Jangan mengaku sebagai penggemar makanan seafood sejati bila belum menjajal sensasi rasa di Jakarta Kedai Ikan Bakar Pak Tarjo. Kedai ini sangat tersohor di seantero Jakarta Selatan dan kerap menjadi rujukan bagi banyak orang tasa makanan laut.

Tak cuma dari mulut ke mulut, rasa lezat dari ikannya nan segar membuat kedai ini ramai dibicarakan di sejumlah jejaring sosial. Tak ayal, lokasi kuliner ini kerap direkomendasikan oleh para penggemar seafood lengkap dengan sejumlah testimoninya.

Tarjo pemilik sekaligus pengelola kedai ini sedikit membongkar rahasia kesuksesan. Ia menyebut punya racikan bumbu spesial hasil racikannya sendiri.

Advertisement

“Merancang bumbu untuk ikan ini cukup lama, saya ingin bumbu yang gurih, lembut menghilangkan amis ikan, dan cocok untuk lidah semua orang,” kata Tarjo, ujar Pak Tarjo, Jumat (17/1/2020).

Sebuah kunikan dari kedai makanan laut ini adalah pengunjung bisa memilih sendiri ikan kesukaannya. Tersedia beragam ikan seperti Baronang, Kakap, Kuwe, Kerapu, Ayam-ayaman, dan Bawal. Selain ikan-ikanan terdapat pula cumi, udang, ayam, otak-otak dan tahu bakso.

Laki-laki asal Pacitan menyebut tiap menu yang ada menyuguhkan keunikan masing-masing. Satu di antara menu andalan yang menjadi favorit banyak pengunjung adalah menu Ikan Gurame bakar. Sebagaimana ikan lainnya, pengunjung bisa memilih langsung Gurame di dalam kotak yang tersedia. Besar-kecil ukuran ikan pun sesuai selera.

Selain menu utama berupa makanan laut, sejumlah sambal yang turut memberikan andil atas lezatnya rasa yang tercipta. Sambal Mangga misalnya. Soa sambal, Tarjo menyebut terdapat beberapa pilihan, ada sambal ala Sumatra dan Sambal Ala Sulawesi yang agak asam.

Tak lengkap rasanya menyantap seafood tanpa nasi. Tak usah ragu, nasi yang disuguhkan adalah nasi pulen dan dijamin hangat. Sebagai pelengkap nikmat bersantap, tumis kangkung bisa jadi menu tambahan.

Rasa yang tersaji memang dahsyat. Tak percaya? Pengunjung yang tak pernah sepi, khususnya pada jam makan siang, rasanya bisa menjadi bukti. Suasana yang tercipta saat bersantap kian mantap saat asap harum pembakaran ikan mengiringi saat makan, pengunjung kian berselera.

Maka tak heran jika paduan rasa nan lezat dan suasana makan yang menyenangkan membuat banyak orang ketagihan. Tarjo bahkan mengatakan setiap hari selalu ada anggota DPR  mampir ke rumah makan miliknya. Tak cuma itu sejumlah kepala daerah, wali Kota, dan bupati juga menjadi langganan rumah makan ini.

Pak Tarjo mempunyai cara tersendiri dalam membakar ikan. Setelah dilumuri bumbu, ikan dibakar setengah matang, setelah itu ikan diolesi bumbu lagi dan dibakar lagi. Olesan bumbunya begitu royal sehingga meresap ke dalam daging ikan. Ikan yang dibakar dengan batok kelapa memberi kerenyahan pada kulitnya sekaligus aroma harum pada dagingnya. Inilah yang membedakan ikan bakar racikan Pak Tarjo dengan rumah makan lainnya.

Untuk meredam rasa pedas dari sambalnya yang menggigit, beri sedikit kucuran kecap manis memberi aksen manis pedas yang pas. Sambal mangga dengan irisan bawang merah dan cabai rawit memberi rasa asam segar yang enak. Tumis kangkung yang segar dan enak, terasa krenyes-krenyes ketika digigit menemani suapan demi suapan hingga akhirnya ikan bakarnya habis.

Info Lomba Terbaru