Indahnya Alam di Pulau Lombok Ini, Wajib Kamu Kunjungi!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Indonesia kaya dengan alamnya yang sangat indah. Banyak tempat di Indonesia yang meninggalkan kesan tak terlupakan di masing-masing tempatnya. Salah satu tempat yang sangat dikenal yang ada di Indonesia adalah Pulau Lombok.

Bukan hanya Bali, Lombok juga merupakan pulau yang sangat menjadi incaran para wisatawan di Indonesia hingga dunia. Banyak sekali tujuan yang bisa kamu kunjungi di pulau ini. Seakan-akan tidak pernah habis membuat tercengang para wisatawan yang datang.

Advertisement

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Lombok yang wajib kamu kunjungi.

1. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok
Lingkoq Datu di Pantai Penyisok menyuguhkan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tidak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan. Berlokasi di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau, akan menemukan pantai ini.

Akses jalan menuju ke sini tidak mudah, kamu harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Karena tempat ini tergolong tidak banyak orang yang tahu. Namun, semua rasa lelah pasti akan hilang ketika melihat surga tersembunyi ini.

2. Bukit Pergangsingan
Di atas bukit ini bisa membuat kamu takjub dengan petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang. Selain itu kamu juga bisa melihat kemegahan Gunung Rinjani dari bukit ini.

Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan bisa didaki selama 2-2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Baca juga: Bali dan Lombok Bawa Indonesia Jadi Negera Terindah ke-6 di Dunia

3. Pantai Tanjung Bloam
Terdapat sebuah pantai yang berada di selatan Lombok yang masih jarang orang ketahui, yaitu Pantai Tanjung Bloam. Daya tarik utama dari pantai mengapitnya. Perpaduan kontrasnya warna hitam dari bebatuan, dan warna keemasan dari tebing dengan birunya laut menghasilkan keindahan yang tidak ada duanya.

Tempat ini merupakan kawasan konservasi penyu, jika beruntung kamu bisa melihat mereka sedang merapat ke daratan.

4. Pantai Tangsi
Pantai Pink ini adalah satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna pink yang dua di antaranya ada di Indonesia. Sebelum dikenal dengan Pantai Pink, masyarakat menyebutnya Pantai Tangsi. Disebut Pantai Pink karena pasir pantai ini terdiri dari campuran antara pasir putih dan pasir merah yang berasal koral serta pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan.

Waktu paling pas untuk mengunjungi pantai ini adalah dari pagi pukul 08.00-pukul 16.00. Saat itulah bias sinar matahari memantulkan warna merah jambu yang begitu cerah dan cantik.
Akses menuju ke pantai ini ada dua cara, yaitu melalui jalan darat yang rusak atau lewat laut dengan menyewa perahu di pelabuhan Tanjung Luar.

Tidak terdapat fasilitas di tempat ini, oleh karena itu kamu harus selalu siap perbekalan dari luar.

5. Air Terjun Mangku Sakti
Ibarat pahatan indah karya maestro ternama, struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan.
Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya.

Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

6. Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.
Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Pulau Lombok adalah kepulauan Gili nya yang sangat ikonik. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Lombok tapi belum berkunjung ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Di Gili Trawangan, kamu bisa menikmati beberapa pesta kembang api, serta pertunjukan menyambut tahun baru. Gili Meno cocok buat kamu yang mendambakan kesunyian dan ketenangan karena pulaunya paling sunyi. Sedangkan, di Gili Air, kamu bisa menikmati taman air alami yang menakjubkan dengan lima titik spesial seperti Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh, dan Malang Reef.

Akes jalan menuju ketiga pulau ini cukup mudah. Kamu hanya tinggal menyeberang dari Pelabuhan Bangsal dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Info Lomba Terbaru