Ini Etika yang Harus Kamu Perhatikan jika Berkunjung ke Korea Selatan!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wisata dambaan bagi banyak orang. Selain budayanya yang menyenangkan, Korea Selatan juga memiliki destinasi menarik yang tidak ada habisnya dengan pemandangan menakjubkannya.

Meski dikenal sebagai negara demokratis dan ramah turis, namun di sana tetap ada aturan-aturan yang harus kamu patuhi.

Advertisement

Jangan sampai kamu salah bersikap, dilansir dari idntimes.com, ini etika yang harus kamu perhatikan jika berkunjung ke Korea Selatan.

1. Memegang bawah mangkuk saat makan

Kebanyakan orang Korea menyediakan sup yang disajikan dengan nasi dalam mangkuk sebagai hidangan utama. Di sini tidak diperbolehkan makan dengan memegang bagian bawah mangkuknya karena dianggap tidak sopan.

2. Menyuap duluan ketika makan bareng orang tua

Saat makan dengan orang yang lebih tua atau memiliki jabatan yang lebih tinggi, kamu harus menunggu mereka menyuap terlebih dahulu. Meskipun kamu sudah kelaparan, bersabarlah menahannya. Karena kalau kamu menyuap lebih dulu, kamu akan dianggap tidak sopan.

3. Bermain dengan sumpit

Terdapat banyak pantangan yang terkait dengan sumpit dalam budaya Korea. Contohnya saja, jika kamu menusuk makanan dengan sumpit, maka tuan rumah atau koki yang ramah akan menganggapnya sebagai penghinaan pribadi.

Memegang sumpit dalam posisi vertikal atau sumpit yang tersangkut secara vertikal dalam beras dikaitkan dengan kematian di Korea Selatan. Karena, pada saat pemakaman memasang dupa di pasir adalah keharusan. Ketika melakukan hal ini, bisa dibilang kamu sedang menganggap teman-temanmu telah mati.

Baca juga: Tas Fungsional Yippeebags, Cocok Digunakan untuk Penampilan Kasual

4. Menulis dengan tinta merah

Ada anggapan yang tersebar di Korea, menulis nama seseorang dengan tinta merah, artinya kamu menginginkan orang tersebut mati. Itu sebabnya, kamu dilarang menulis apapun dengan tinta merah, khususnya untuk nama seseorang.

5. Bersalaman dengan satu tangan

Salah satu peristiwa yang pernah menjadi sorotan adalah ketika milioner Bill Gates berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan kala itu, Park Geun Hye menggunakan satu tangan. Gates juga meletakkan tangan kirinya di dalam sakunya. Itu sebabnya, saat hal tersebut terjadi, media dan masyarakat Korea banyak mengkritiknya.

6. Berbicara dengan keras di ruang publik

Warga Korea tidak menyukai orang yang berbicara dengan keras, khususnya di tempat umum. Salah satunya di busway. Semua orang berusaha mengecilkan suaranya ketika berbicara satu sama lain. Bahkan biasanya yang terdengar hanya bisikan, karena mereka takut mengganggu orang lain.

7. Menolak minuman dari yang lebih tua

Minuman dalam bentuk apapun yang diberikan orang lebih tua tidak boleh ditolak. Kalau menolak minuman dari mereka, kamu akan dianggap tidak sopan. Mereka juga bisa sakit hati ketika kamu menolaknya.

8. Menggunakan satu tangan untuk memberikan atau menerima hadiah

Memberi atau menerima hadiah tidak baik menggunakan satu tangan, apalagi tangan kiri. Hadiah bisa dalam bentuk apapun, seperti barang, kartu bisnis, dan sebagainya.

9. Menyentuh bahu orang lain ketika ingin menyapa

Jangan pernah menyentuh bahu orang lain ketika berada di Korea. Ketika kamu melakukannya, khususnya kepada lawan jenis, kamu dianggap memiliki “perasaan”. Namun, secara umum, kamu dianggap tidak sopan.

10. Membawa topik sensitif mengenai Jepang
Korea Selatan memiliki sejarah yang panjang dengan Jepang. Sehingga, hindari pembahasan mengenai negara satu ini.

Kamu juga tidak boleh menyebutkan salah satu pulau yang menjadi sengketa kedua negara. Korea Selatan menyebut pulau itu sebagai Dokdo, sedangkan Jepang menyebutnya dengan Takeshima.

Info Lomba Terbaru