Kamu Bisa Merasakan Salju di Indonesia dengan Mengunjungi Tempat Ini!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Indonesia terletak di daerah tropis, artinya hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika kamu ingin merasakan dinginnya musim salju, biasanya harus jauh-jauh ke luar negeri. Tapi sekarang, beberapa pengelola tempat wisata di Indonesia sudah menyediakan wisata musim dingin, lengkap dengan salju dan permainan ice skating.

Kamu bisa merasakan salju di Indonesia dengan mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

Advertisement

1. Malang Snow Paradise, Malang
Malang Snow Paradise sudah dibuka sejak Bulan Desember 2017. Wahana bermain salju ini dibangun di atas lahan seluas 400 meter persegi, terbilang cukup luas bila dibandingkan dengan wahana musim dingin yang ada di kota-kota lain.

Malang Snow Paradise dibangun menyerupai bentuk kerajaan, lengkap dengan dominasi dinding berwarna putih. Setelah usai bermain skate, kamu bisa mengajak keluarga untuk berselfie karena banyak spot berfoto yang sangat ikonik, seperti terowongan salju.

Harga tiket masuknya yaitu Rp20.000 per orang untuk Hari Senin-Minggu, dan belum mendapat fasilitas tambahan. Jika ingin menyewa sepatu roda, kamu harus membayar Rp50.000 per orang.

2. Sky Rink Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat
Berlokasi di Jakarta Barat, kamu bisa datang ke salah satu wisata musim dingin bernama Sky Rink. Konsep ice skating yang digunakan adalah indoor. Untuk memasuki tempat ini, pengunjung wajib memasuki sebuah kubah untuk menikmati serunya bermain ice skating.

Sensasi dinginnya membuatmu seperti benar-benar berada di Benua Eropa. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan bermain skate selama 2 jam untuk hari weekend. Jika belum puas bermain, kamu bisa berkunjung keesokan harinya.
Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yaitu Rp95.000 per orang (sepuasnya) untuk Hari Senin-Jumat, dan Rp 120.000 per orang (selama 2 jam) untuk Hari Sabtu-Minggu.

3. Puncak Jaya Wijaya, Papua
Puncak ini dikenal sebagai pegunungan salju abadi di Indonesia. Di atas puncak gunung, kamu bisa melihat salju turun tanpa henti. Untuk menikmati pemandangan salju abadi, kamu harus mendaki gunung selama berhari-hari.

Sebelum melakukan pendakian, kamu wajib mengikuti latihan fisik agar tetap kuat mendaki sampai puncak gunung.
Biaya untuk mendaki Puncak Jaya Wijaya terbilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp30-80 juta. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan mendaki, makan, dan biaya sewa helikopter.

Baca juga: Gunung Soputan Meletus, Tinggi Abu Vulkanik Mencapai 4 Km

4. Snow World International, Bekasi
Berlokasi di Bekasi, tepatnya di Revo Town, kamu bisa menikmati suasana bersalju di Snow World International. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 60,000 IDR, kamu bisa sepuasnya bermain di dalam area bersalju yang dingin tapi menyenangkan.

Kamu bisa mencoba aneka permainan seperti papan seluncur salju, membuat patung manusia salju hingga berfoto bersama hewan-hewan kutub seperti penguin dan beruang.

5. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo
Suhu dingin di Dataran Tinggi Dieng sudah tidak perlu diragukan lagi. Dinginnya benar-benar maksimal, apalagi kalau sedang musim hujan. Maka tidak heran, jika tempat ini cocok dijadikan sebagai wisata musim dingin walaupun tak ada satu butir salju pun yang turun di sini.
Meski suhu udaranya dingin, kamu betah berlama-lama di sini. Sebab, Dieng menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Hamparan bukit berwarna hijau, kabut, dan gumpalan asap belerang sangat jelas terlihat.
Biaya tiket masuk tempat wisata di Dieng sangat ekonomis, yaitu Rp10.000 – Rp20.000 per orang.

Info Lomba Terbaru