MEDAN, KataIndonesiaMajelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo, menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan atau 18 bulan penjara kepada M Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah (18), remaja yang menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Tito Karnavian melalui postingannya di situs jejaring sosial facebook dan twitter. Farhan juga dijatuhi pidana denda senilai Rp10 juta subsider 1 bulan kurungan.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan di persidangan, Farhan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, karena melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan, membuat dapat diaksesnya informasi elektronik yang memiliki muatan penghinaan serta pencemaran nama baik Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Mengadili, menyatakan terdakwa M Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah telah terbukti secara sah dan meyakinkan tanpa hak membuat dan mendistribusikan informasi elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan pencemaran nama baik,” kata Wahyu Prasetyo Wibowo, ketua majelis hakim yang mengadili perkara itu.

Advertisement

Seusai mendengar putusan majelis hakim, Farhan langsung menyatakan menerima, begitu pula Jaksa Penuntut Umum (JPU), Raskita JF Surbakti.

“Saya terima Yang Mulia,” ucap Farhan.

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim memang lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya JPU meminta agar Farhan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Info Lomba Terbaru