Kiat-kiat Sukses Melakukan Wawancara Kerja

KataIndonesia.com – Setiap orang pasti senang ketika surat lamaran pekerjaan di jawab oleh perusahaan. Selanjutnya tidak lain adalah wawancara. Banyak orang yang gagal dalam tahap ini, alasannya tidak lain adalah kurangnya persiapan.

“Ah wawancara aja, paling dikasih pertanyaan ya kita tinggal jawab aja.” Pernah dengar kata-kata seperti ini? Ini pemikiran yang salah! Semua harus ada persiapan, percayalah hasil tidak akan mengkhianati proses! So, berikut tips yang bisa kamu lakukan sebelum dan saat melakukan wawancara:

1. Siapkan Diri Sebelum Wawancara
Apa saja yang perlu disiapkan? Fisik dan mental tentu yang paling utama, jaga kesehatan jangan sampai sakit saat wawancara. Cobalah cari referensi pertanyaan, kira-kira apa saja yang akan dilontarkan pewawancara, biasanya ada pertanyaan jebakan yang mempunyai maksud tertentu, misalnya untuk mengetahui karakter kamu dan apakah kamu orang yang tepat untuk perusahaan.
2. Survei Tempat Wawancara Kerja
Satu hari sebelum eksekusi pergilah survei perusahaan tempat kamu wawancara. Saat sudah mengetahui tempatnya, kamu bisa lebih santai dan tidak berburu-buru pada keesokan harinya.
3. Gunakan Pakaian Rapih, Bersih, dan Formal
Pakaian putih hitam adalah yang lazim digunakan untuk melakukan wawancara, namun tidak semua perusahaan, tergantung ketetapan dari perusahaan yang kamu lamar. Pastikan pakaianmu rapih, tidak kusut, bersih, formal, dan jangan lupa ditambah parfume agar lebih fresh.
4. Berdoa Sebelum Berangkat
Hal yang paling penting yang sering terlupakan adalah doa. Berdoalah agar wawancaramu sukses, lancar, dan kamu dapat diterima di perusahaan yang kamu impikan. Jangan lupa pastikan semua keperluan terbawa.
5. Buat Kesan Menyenangkan dan Jangan Lupa Berjabat Tangan
Berikan senyuman terbaik dan ucapkan salam saat kamu membuka pintu masuk tempat wawancara. Jangan gugup! anggap saja orang didepan kamu adalah teman diskusi, ajak pewancara berjabat tangan dan tidak langsung duduk, tunggu sampai pewawancara mempersilahkan kamu duduk.
6. Singkat, Padat, dan Jelas
Ketika sudah memulai obrolan, tidak usah berbicara yang tidak perlu, usahakan pertanyaan dijawab singkat, padat dan jelas, boleh mengajak pewawancara bercanda namun tidak berlebihan. Jangan sampai celotehanmu malah menjatuhkan citra dirimu!
7. Berikan Jawaban Positive
Pertanyaan yang diberikan pewawancara macam-macam tergantung tujuan, jawab semua pertanyaan dengan jawaban positive yang bisa membuat kamu mereka menjatuhkan pilihannya kepada kamu. Inilah mengapa kamu harus melakukan tips No. 1 agar kamu bisa menjawab dengan merdu semua pertanyaan pewawancara!
8. Berjabat Tangan Usai Wawancara
Akhiri dengan kesan yang baik, ketika selesai ucapkan terima kasih sambil berjabat tangan. Tutup pintu dan jangan lupa ucapkan salam.

Advertisement

Wawancara harus dipersiapkan dengan baik, jangan di sepelekan. Jika kamu ingin hasil yang maksimal maka lakukanlah yang maksimal pula. Semangat!

Laporan: Siti Nawiroh

Info Lomba Terbaru