KPK: Amien Rais Jangan Bawa Persoalan KPK Ke Ranah Politik

JAKARTA, KataIndonesia.com – Amien Rais akan memenuhi panggilan polisi soal hoax Ratna Sarumpaet sembari mengatakan akan membuka kasus lama di KPK. PSI punya dugaan soal kasus yang akan dibuka Amien.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni atau Toni mendukung Amien Rais yang berniat buka-bukaan kasus korupsi di KPK. Menurutnya, ini satu hal yang positif untuk pemberantasan korupsi.

“Kalau beliau punya data silakan segera buka ke publik. Saya hanya menduga-duga. Kalau yang beliau maksud adalah kasus lama, mungkin kasus dugaan korupsi 30 ribu hektare alih lahan di Riau pada saat Bapak Zulkifli Hasan (mantan menteri kehutanan, Ketua Umum PAN) yang berujung pada suap kepada Gubernur Annas Maamun,” kata Toni dalam keterangannya, Selasa (9/10/2018).

Advertisement

Toni punya dugaan kasus lain yang akan dibuka Amien. Dia menyebut nama Zumi Zola.

“Kalau kasus baru mungkin beliau akan sampaikan ke KPK tentang data baru dugaan korupsi Zumi Zola (mantan Gubernur Jambi),” imbuh mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ini.

Amien Rais memastikan akan memenuhi panggilan polisi. Setelah memenuhi panggilan, Amien mengaku akan menyampaikan fakta menarik.

“Saya akan datang di Polda, ya. Setelah itu, saya akan membuat fakta yang insyaallah akan menarik perhatian, ya,” kata Amien Rais di Posko Pemenangan PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/10).

Lalu, apa kata KPK? KPK meminta Amien Rais tidak menyeret KPK ke persoalan dirinya dan urusan politik.

“Di tengah proses kontestasi politik yang sedang berjalan, kami harap tidak perlu mengait-ngaitkan KPK ke ranah politik. Karena KPK tidak akan terpengaruh dan tetap akan jaga independensi dari politik,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

 

LAPORAN: FAJRIN HAKIM

Info Lomba Terbaru