Kuliner Khas Indonesia Bagian Barat Dengan Cita Rasa Otentik

Oleh : Shania Saufa

Indonesia merupakan negara yang kaya akan segi hasil alam, budaya, dan lain sebagainya. Tidak heran kalau Indonesia juga kaya akan kuliner khas daerahnya. Banyak sekali kuliner yang ada di Indonesia dengan cita rasa otentik, masakan kuliner ini merupakan sebuah olahan makanan yang menjadi ciri khas suatu daerahnya.

Kuliner khas Indonesi termasuk masakan terkenal di dunia. Karena setiap masakannya disajikan dengan bumbu rempah-rempah yang khas dan lengkap. Tidak heran, makanan khas daerah di Indonesia ini cukup banyak yang terkenal dan menjadi incaran baik lokal maupun hingga mancanegara.

Advertisement

Makanan khas daerah merupakan sebuah menu masakan yang menjadi ciri khusus dari suatu wilayah. Di Indonesia sendiri kuliner dapat menjadi salah satu identitas sebuah daerah di Tanah Air. Berikut makanan khas daerah di Indonesia yang wajib kamu coba.

1. Mie Aceh
Salah satu makanan khas daerah Indonesia bagian barat ini memang sangat menggugah selera. Seperti namanya, mie ini berasal dari Aceh. Makanan khas daerah Aceh ini memiliki tekstur yang tebal dan dicampur dengan irisan daging serta bumbu-bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh biasanya disajikan dengan digoreng, direbus atau ditumis. Selain itu juga bisa disajikan dengan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.

Baca juga: Stroke Dapat Menyerang Kaum Milenial? Cegah Gejalanya dengan Cara Ini!

Mie Aceh tersedia dalam tiga jenis antara lain, mie Aceh setengah basah, mie Aceh goreng atau kering dan mie Aceh kuah atau sup. Biasanya dalam penyajiannya ditaburi dengan bawang goreng, emping, mentimun, potongan bawang merah dan perasan air jeruk nipis.

2. Gudeg
Makanan khas Jogja ini perlu banget kamu cicipi. Gudeg merupakan sayur dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan proses yang lama. Gudeg biasa disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan juga sambal krecek yang nikmat tiada dua.

3. Serabi
Serabi merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki rasa manis. Terbuat dari tepung beras yang dicanpur dengan santan. Dan juga kini sudah dilengkapi dengan berbagai topping yang lezat menggoda. Kue berbentuk bulat ini menjadi tren dan dijadikan menu favorite semua kalangan.

Hal yang menarik dari kue ini yaitu cara memasaknya secara tradisional dengan cara dibakar di atas tungku menggunakan wajan tanah liat. Para penjual serabi masih mempertahankan cara tradisional tersebut hingga sampai saat ini. Dengan memasak menggunakan anglo, maka menghasilkan rasa yang gurih dan lezat.

4. Bika Ambon
Walaupun namanya Bika Ambon, namun makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utara dan biasanya banyak dijual di Kota Medan sebagai oleh-oleh. Kue berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan manis. Serta bikin ketagihan saat melahapnya.

Kue bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung terigu, telur, santan, gula, pandan wangi dan bahan-bahan lainnya. Bika ambon tersebut menjadi makanan khas Medan yang paling favorit.
Cita rasa bika ambon ini sangat enak karena memiliki serat sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut. Saat ini bika ambon telah di jual di berbagai kota besar di Indonesia, sehingga untuk bisa menikmati bika ambon tidak harus pergi ke Kota Medan.

5. Ayam Taliwang
Makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat ini berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

Info Lomba Terbaru