Liburan Bareng Keluarga, Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Liburan bersama keluarga merupakan kegiatan yang jarang dilakukan, maka dari itu ini menjadi salah satu momen yang paling tepat untuk lebih mempererat tali silaturahmi, keakraban, dan keharmonisan dalam keluarga. Ini tentunya juga cara yang baik untuk menikmati waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Ketika berlibur dengan keluarga, akan banyak pertimbangan dan persiapan yang harus matang agar saat di perjalanan tidak timbul permasalahan.

Advertisement

Persiapan yang matang harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Selain mencari kesepakatan lokasi liburan yang cocok, perhatikan juga persiapan dan berbagai macam perlengkapan yang harus dibawa.
Liburan bersama keluarga pastinya kita tidak ingin berantakan hanya karena persiapan yang buruk.

Berikut hal harus kamu perhatikan ketika liburan bersama keluarga.

1. Diskusikan rencana liburan bersama keluarga
Liburan bersama keluarga tentunya tidak semudah yang terlihat di sosial media. Dibutuhkan toleransi dan kompromi antara satu sama lain agar rencana perjalanan sesuai dengan keinginan. Sebelum pergi berlibur, sebaiknya diskusikan rencana berlibur secara menyeluruh, bukan cuma soal destinasi saja, tapi juga aktivitas yang akan dilakukan, hingga kuliner apa yang wajib dicoba saat traveling nanti.

2. Persiapkan rencana keuangan
Budget menjadi salah satu yang paling krusial untuk kamu persiapkan. Dengan budget yang terencana, semua persiapan liburan kamu tentu bisa aman terkendali. Kamu bisa mulai membagi budget ke beberapa kategori yaitu budget transportasi seperti pesawat dan kereta, hotel, tiket masuk atraksi di destinasi pilihan, hingga oleh-oleh.

Baca juga: Manfaat Timun yang Jarang Di Ketahui!

3. Pastikan kondisi cuaca tempat tujuan
Saat mengunjungi kota atau negara lain, cuaca menjadi hal terpenting yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan barang bawaan yang sesuai dengan kondisi cuaca setempat. Siapkan pakaian hangat, jas hujan, atau payung jika kamu berlibur saat musim dingin atau hujan. Sebaliknya, siapkan sunblock dan baju nyaman saat berlibur di musim panas.

Selain itu, cuaca juga bisa menjadi pertimbangan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Misalnya, ketika musim dingin atau hujan hindari kunjungan ke alam terbuka seperti pantai atau gunung dan pilihlah destinasi di dalam ruangan.

4. Memilih waktu keberangkatan dengan bijak
Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya pilih waktu keberangkatan di malam hari agar anak-anak dapat beristirahat selama di perjalanan. Namun, jika perjalanan jarak dekat, sebaiknya atur waktu keberangkatan di pagi hari agar kamu tidak perlu terjebak kemacetan. Jangan lupa, jika kamu berangkat dengan transportasi umum, pastikan untuk datang lebih awal sehingga meminimalisir risiko keterlambatan.

5. Membawa perlengkapan khusus
Saat traveling, kamu mungkin akan menemui kejadian yang tidak bisa diprediksi. Mulai dari baju yang ternoda makanan, basah karena hujan, hingga tidak sengaja robek mungkin beberapa hal yang akan kamu alami. Oleh karena itu, membawa baju ganti tambahan perlu ada dalam daftar barang yang perlu dikemas.

Selain itu, kesehatan badan anggota keluarga juga perlu diperhatikan. Pastikan kondisi badan semua anggota keluarga dalam keadaan yang fit, agar bisa maksimal saat liburan, dan juga tidak mengganggu agenda liburan bila ada yang sakit di perjalanan. Sebelum berangkat, dipastikan terlebih dahulu kira-kira apakah ada anggota keluarga yang kurang fit. Kamu juga perlu membawa perlengkapan kesehatan untuk pertolongan pertama.

Info Lomba Terbaru