Mahasiswa KKN UNNES Mengajak Masyarakat Mangunsari Untuk Melakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

KKN Alternatif 2B UNNES Kelurahan Mangunsari bersama Karang Taruna Kebon Manis (Karbonis) mengadakan program yang bernama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di RW 03, Minggu (27/10/2019).

GERMAS sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat menurunkan tingkat kesehatan tubuh.

Deni, selaku koordinator Mahasiswa KKN UNNES Mangunsari mengungkapkan bahwa sesuai dengan tematik program KKN ini memiliki tujuan agar masyarakat dapat hidup sehat bersama dengan berolahraga dan selalu mengontrol kesehatannya serta lomba kreatifitas ecobrick guna pemanfaatan limbah sampah plastik yang didaur ulang menjadi barang bermanfaat.

Advertisement

Kegiatan GERMAS kali ini meliputi jalan sehat, senam bersama, sosialisasi dan simulasi penanganan kebakaran, cek kesehatan, Posyandu Remaja yang diikuti dengan sosialisasi anti narkoba dan juga lomba kreatifitas ecobrick.

Acara ini melibatkan masyarakat dalam satu RW yakni, RW 03 kelurahan Mangunsari yang mana nantinya akan ada acara puncak pembagian doorprize kepada masyarakat yang beruntung. Selain untuk mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat, acara ini juga dapat memperat tali persaudaraan di masyarakat.

“Keterkaitan antara program KKN dan Karang taruna Kebon Manis dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat dalam kegiatan ini sudah selaras dan bernilai positif, sehingga hal yang seperti ini harus diteruskan dan juga dicontoh untuk RW lain di kelurahan Mangunsari” Tutur Bu Nining Selaku Kepala Lurah Mangunsari.

“Acara seperti ini selain untuk mengajak masyarakat hidup sehat juga sekaligus menjaga kekompakan warga di Desa Kebon Manis RW 03 Kelurahan Mangunsari, dan juga harapannya masyarakat selalu mendukung apapun acara yang terkait dengan kesehatan, dan juga dapat diadakan secara rutin” Bu Romdhonah selaku Masyarakat Kebon Manis RW 03 Kelurahan Mangunsari
Program GERMAS ini nantinya akan dilaksanakan secara rutin tiga bulan sekali di RW 03, yang mana sejalan dengan progran kementerian Kesehatan RI sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 01 tahun 2017 yang mana presiden meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Selain GERMAS sendiri, kegiatan rutin di Mangunsari yang sudah menerapkan hidup sehat juga ada Posyandu anak, Posyandu Remaja, dan Juga ada senam Lansia setiap minggunya. Masyarakat diminta selalu menerapkan pola hidup sehat agar tidak terserang penyakit yang membahayakan dan menular.

Info Lomba Terbaru