Melalui Diskusi Virtual Ajak Insan Media Kawal Produktivitas dan Kedisiplinan Masyarakat di Era New Normal

Dalam penerapan new normal, keberadaan informasi yang benar menjadi sangatlah penting. Apalagi di tengah hiruk-pikuk komunikasi melalui sosial media. Keberadaannya pun seringkali diisi dengan konten yang terkadang tidak dapat dipertanggungjawabkan alias hoax atau berita bohong.

Untuk itu Media diharapkan tetap obyektif dalam pemberitaanya karena dapat membangun optimisme masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 sehingga mendorong produktivitas dan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan new normal.

Baca juga: Mewaspadai Ujaran Kebencian dan Radikalisme Saat Pandemi Corona

Advertisement

Hal tersebut mendasari terselenggaranya diskusi media yang diselenggarakan oleh Kata Indonesia dengan tema “Peran Media Online Mengawal Produktifitas dan Kedisiplinan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19” pada Rabu (24/6) menggunakan aplikasi Zoom.

Ketua pelaksana sekaligus Pemred Kata Indonesia Hafyz Marshal mengatakan bahwa urgensi kehadiran media sangatlah penting dalam suksesnya penanganan pandemi Covid-19.

“Acara ini untuk menumbuhkan pandangan dan opini publik melalui kontribusi insan media agar berperan dan mengawal produktivitas serta kedisiplinan masyarakat di tengah pandemi dengan melakukan edukasi serta literasi di media publik guna menyukseskan penanganan Covid-19” kata Hafyz kepada peserta diskusi virtual.

Sementara itu Eveered Pemred Lintaspapua.com mengatakan bahwa pihaknya selalu beriringan terhadap kebijakan pemerintah daerah terhadap penanganan Covid-19.

“Salah satu hal kami selalu mendukung dan menginformasikan kebijakan pemerintah daerah terhadap pandemi Covid-19 demi suksesnya penanganan pandemi” ujar Eveered.

Selanjutnya Pemred Siaran Depok Rosman Rospari juga menuturkan bahwa peran media salah satunya adalah mengawal dan mencegah kegaduhan di ruang opini publik, sehingga produk berita harus mengedukasi demi suksesnya penanganan Covid-19.

“Nantinya produk sajian pemberitaannya menjadi umpan balik pendorong perubahan sikap masyarakat kearah yang positif guna dapat hidup dalam tatanan baru sehingga dapat mempercepat penanganan Covid-19” ujar Rosman.

Pada saat yang sama, Redaktur Lampungmediaonline Dian Kurnia mengapresiasi acara diskusi virtual ini.

“Acara ini sangat bagus, demi terjalinnya kolaborasi gotong royong antar insan media dengan kalangan lainnya untuk mendukung program-program terkait penanganan Covid-19 demi suksesnya adaptasi norma baru dan penanganan Covid-19” kata Dian.

Setelah diskusi media berlangsung, dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi insan media sebagai komitmen insan media mengawal produktifitas dan kedisiplinan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 melalui pemberitaan media. Adapun beberapa poin deklarasi tersebut sebagai berikut,

Pertama, siap menjaga Persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila Dan Undang – Undang Dasar 1945 serta Kebhinekaan Indonesia.

Kedua, siap mengoptimalkan peran media online guna membangun kesadaran masyarakat dalam meningkatkan produktifitas dan kedisiplinan kolektif yang dilakukan secara bertanggung jawab atas konten informasi di tengah Pandemi Covid-19.

Ketiga, Siap bersinergi sesama insan media online dan elemen masyarakat lainnya guna bersama-sama ikut mensukseskan kebijakan new normal dengan protokol kesehatan demi suksesnya Penanganan Covid-19 oleh pemerintah.

Info Lomba Terbaru