Menikmati Lezatnya Kuliner Bakmi Jawa Khas Yogyakarta Yang Ada Di Jakarta!

Oleh : Shania Saufa

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan kuliner gudegnya saja. Tapi sajian mienya juga tidak kalah populer. Kota Yogyakarta memang memiliki hidangan makanan dan minuman menarik untuk dicicipi. Kelezatan kulinernya mempunyai ciri khas sendiri yang dapat memanjakan lidah.

Sajian bakmi Jawa sudah menjamur diberbagai tempat di Ibu Kota. Di Jakarta terdapat warung makan gerobakan yang menawarkan bakmi Jawa yang dimasak dengan tungku arang ditujukan agar rasanya lebih autentik. Selain pada alat masaknya, bakmi Jawa juga memiliki keunikan lainnya yang terdapat pada bumbu yang digunakan untuk meracik.

Advertisement

Ditambah dengan kuah kaldu yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan campuran telur yang dikocok. Bakmi Jawa memiliki dua varian yang berbeda, yaitu direbus atau dikenal dengan sebutan godog, atau mie goreng.

Bakmi Jawa yang autentik khas Yogyakarta itu tersedia di beberapa warung gerobakan di Jakarta, yuk simak warung makan di Jakarta yang menawarkan menu bakmi Jawa.

1. Bakmi Jogja Mbah Surip
Bakmi Jawa yang satu ini sudah terkenal sejak dulu baik di daerah asalnya maupun di Jakarta. Warung bakmi jawa ini mempunyai ciri khas pada gerobaknya yaitu ditandai dengan gerobak yang digantungi beberapa ekor ayam kampung. Rasa bakmi jawa di sini masih mempertahankan ke khasan dari daerah asalnya, Jogja. Hal itu dilihat dari proses cara memasaknya yang masing menggunakan tungku arang atau biasa orang Jawa menyebutnya anglo. Terletak di sekitaran Jakarta Selatan, bakmi Jawa yang ditawarkan di tempat ini cukup beragam seperti bakmi goreng atau bakmi godog atau rebus. Satu porsinya dibanderol degan harga sekitar Rp. 18.000.

Baca juga: 4 Makanan yang Dapat Membakar Lemak

2. Bakmi Jogja Mas Tok
Masih di daerah Jakarta Selatan, kamu dapat mengunjungi bakmi Jawa di warung sederhana bernama bakmi Jogja mas Tok. Hidangan bakminya yang ditawarkan mengingatkan dengan rasa bakmi Jawa yang ada di daerah aslinya, Yogyakarta tidak heran warung bakmi ini tidak pernah sepi pengunjung.

Hidangan yang ditawarkan di sini sangat beragam. Mulai dari bakmi Jawa yang dimasak dengan cara direbus dan digoreng, bihun rebus dan goreng, nasi goreng dan magelangan. Yang menjadi menu andalan di sini adalah menu bakmi godognya. Warung ini juga menggunakan tungku arang untuk memasak bakmi Jawanya. Harga satu porsi mie godog di warung Bakmi Jogja ini sekitar Rp. 22.000.

3. Bakmi Jogja Jape Methe
Bakmi Jawa khas Jogja lainnya juga dapat kamu temukan di kawasan Tebet. Berada di tengah-tengah kota, makanan tradisional berupa bakmi Jawa rupanya banyak menarik perhatian masyarakat kota. Seperti pada warung Bakmi Jogja Jape Methe ini yang sudah populer dengan bakmi Jawanya.

Warung ini meracik bakmi Jawanya masih dengan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku arang. Bakmi Jawa yang paling banyak dipesan pengunjung adalah mie godog yang dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan harga sekitar Rp. 20.000 kamu sudah bisa mendapatkan sepiring mie godog berkuah putih sedikit kuning.

4. Bakmi Jawa Mbah Putih
Bergeser ke daerah Jakarta Pusat, kamu akan menemukan warung makan Bakmi Jawa Mbah Putih. Penjualnya bernama Pak Agus, tetapi pelanggan akrab memanggilnya dengan panggilan ‘Pak Uban’. Itu karena rambutnya berwarna putih dipenuhi uban. Hal ini juga yang membuat warung Bakmi Jawa di sini memakan kata ‘Mbah Putih’.

Bakmi Jawa yang ditawarkan di warung gerobak ini tersedia dalam dua varian, yaitu bakmie godog atau bakmie goreng. Diisi dengan mie, suwiran ayam yang berukuran besar-besar, sawi, dan bawang goreng. Kuahnya sangat kental, dibuat dari campuran telur. Kamu bisa memesan ingin menggunakan telur ayam atau telur bebek. Untuk satu porsi menu bakmi godog maupun bakmi goreng dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25.000.

Info Lomba Terbaru