JAKARTA, KataIndonesia.com – Pemerintah Indonesia terus berupaya memberi dukungan untuk Palestina terkait pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Setelah sebelumnya Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi berkomunikasi dengan mitra kerja negara anggota OKI untuk segera digelar KTT Luar Biasa OKI, kali ini Menlu Retno bertolak ke Amman, Yordania.

Retno bertolak ke Amman pada Minggu (10/12), pagi, untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina dan Menlu Yordania. “Akan bahas masalah Yerusalem dan sampaikan dukungan penuh Indonesia terhadap Palestina,” kata Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (10/12).

Selain itu, Menlu Retno juga dijadwalkan akan membahas persiapan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang akan digelar pada 13 Desember di Istanbul.

Advertisement

Menlu Retno menggarisbawahi penting untuk mewujudkan perdamaian antara Palestina dan Israel dengan mendorong tercipta solusi dua negara Palestina-Israel.

“Saya ingin mengingatkan rakyat Palestina bahwa Indonesia selalu ada di belakang mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (7/12) mengecam keputusan Pemerintah AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tersebut. Menurut Jokowi, keputusan tersebut melanggar resolusi di PBB.

“Dan ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” ujar Jokowi.

 

Info Lomba Terbaru