Merencanakan Liburan Bisa Meredakan Stress Kamu

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Setelah sebelumnya kita lama-lama berdiam diri di rumah karena PSBB, kemudian diberlakukan new normal, dan sampai pada akhirnya kembali diberlakukan PSBB bahkan lebih diperketat lagi karena semakin tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta, membuat semua orang kembali dibuat stres memikirkannya. Orang-orang harus kembali melakukan segala aktifitasnya di rumah saja, dan pergi keluar jika memang sangat penting.

Hal ini membuat banyak tempat umum kembali di tutup untuk sementara waktu, salah satunya adalah tempat wisata. Tapi tidak ada salahnya untuk kamu merencanakan liburan setelah pandemi ini. Dengan begini, akan membuatmu memiliki sesuatu yang dinantikan, dan mengalihkan perhatian dari masalah pandemi.

Advertisement

Memang belum diketahui kapan pandemi ini akan berakhir, tapi kita pasti akan bisa kembali pergi berlibur. Sementara waktu, gunakan cara-cara yang dilansir dari getlost.id ini untuk merencanakan liburan setelah pandemi.

1. Jadikan sebagai mekanisme menghadapi pandemi
Membuat rencana perjalanan bisa menjadi pengalih pikiran yang baik dari masalah pandemi dunia saat ini. Rencana perjalanan memberi diri kamu harapan lewat sesuatu yang dinanti-nantikan.

Tapi, harus kamu ingat bahwa pandemi corona ini belum berakhir. Perjalanan yang direncanakan dekat-dekat ini berisiko terkena pembatalan. Jika itu terjadi, itu akan membuat kamu menjadi tertekan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuat rencana perjalanan yang fleksibel. Tidak perlu menentukan tanggal pastinya terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dengan memilih kota atau negara tujuan, merencanakan pada musim apa kamu akan berkunjung, dan tempat-tempat menarik mana saja yang dapat didatangi. Pikirkan rencana liburan jangka panjang. Misalnya untuk tahun 2021 atau bahkan lebih.

Baca juga: Kuliner Khas Indonesia Bagian Barat Dengan Cita Rasa Otentik

2. Rencanakan Liburan yang Berarti
Pertimbangkan apa yang kamu inginkan dari perjalanan kamu berikutnya, sebelum merencanakan liburan. Pikirkan tentang berbagai liburan yang telah kamu lakukan, pengalaman mana yang paling bermakna, berkesan, atau bahkan mengecewakan. Ini merupakan momen langka di mana kita bisa berhenti sejenak dan memikirkan liburan seperti apa yang diinginkan selanjutnya.

Untuk mendapatkan inspirasi perjalanan yang baru dan berarti, kamu juga bisa mulai membaca berbagai buku travel atau menonton video dan film dokumenter, ataupun mencari di internet.

3. Persiapkan Semua Detail Perjalanan
Dengan banyaknya waktu kosong yang dimiliki saat ini, kamu bisa membuat rencana liburan yang sangat detail untuk memastikan liburan yang menyenangkan. Untuk lebih mengetahui detail perjalanan, kamu dapat mulai mencari tahu soal budaya dan sejarah tempat yang akan dikunjungi.

Media sosial juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari detail suatu tempat. Misalnya, kamu bisa mengikuti pemandu-pemandu wisata lokal, atau koki-koki setempat. Dengan hanya melihat unggahan mereka saja, Anda akan tahu banyak soal karakteristik tempat tersebut. Anda pun akan bisa menikmati liburan layaknya orang lokal begitu tiba di sana.

4. Simpan Hasil Pencarian Anda
Jangan biarkan semua rencana detail liburan kamu terbuang sia-sia. Atur semua informasi yang didapatkan dari pencarian kamu dengan baik agar mudah untuk diakses kembali. kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menyimpan daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Selain itu, kamu bahkan juga bisa mengunduh rencana perjalanan yang sudah dibuat agar bisa diakses secara offline saat liburan nanti. Jika ingin memiliki rencana perjalanan yang lebih berwarna dan penuh gambar, kamu bisa menggunakan Pinterest. Cukup tandai tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Info Lomba Terbaru