Minggu Dini Hari, 4 Kloter Haji Terakhir Diterbangkan ke Tanah Air

 

Empat kelompok terakhir kloter haji akan diterbangkan ke tanah air pada Minggu (15/9) dini hari waktu Arab Saudi. Empat kelompok terakhir ini menjadi tahap terakhir masa pemulangan jamaah haji Indonesia.

Untuk jamaah yang akan dipulangkan tersebut terdiri dari rombongan kloter 97 Embarkasi Solo (SOC), kloter 40 Embarkasi Ujung Pandang (UPG), kloter 19 Embarkasi Banjarmasin (BDJ), dan kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN).

Advertisement

Walau baru dipulangkan pada Minggu dini hari, namun mereka sudah mulai berangkat dari hotel ke bandara, pada Sabtu malam. “hak ini berdasarkan aturan, jamaah haji harus telah sampai di bandara empat jam sebelum pesawat take off,” ucap Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi.

Menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sampai kemarin pukul 15.00 waktu Arab Saudi, tercatat sebanyak 199.542 jamaah haji Indonesia yang telah diterbangkan ke Indonesia.

Dari jumlah tersebut sebanyak 196.408 orang telah sampai Tanah Air. Jumlah itu pun akan terus bertambah seiring mendekatinya masa akhir pemulangan jamaah haji.

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat menambahkan, akan diberangkatkannya kloter haji terakhir ini, maka pelayanan jamaah haji sudah selesai. Sebagian petugas Daker Bandara dan Madinah juga akan segera dipulangkan ke asalnya masing-masing.

“Kecuali tim advance akan stay tiga hingga empat hari untuk memastikan seluruh terkait penyelenggaraan ibadah haji, mulai pelayanan, kontrak pelayanan, kemudian pembayaran dengan pihak ketiga sudah selesai dilakukan oleh pihak Teknis Urusan Haji,” tuturnya

Namun, untuk jamaah yang masih tinggal karena dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), kata Arsyad, nama-namanya akan dilaporkan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang sekaligus Konsul Haji KJRI Jeddah.

Tim KJRI nantinya yang akan melakukan visitasi dan memonitor kondisi jamaah haji sakit dari waktu ke waktu.

“Ketika sudah membaik, sesegera mungkin jamaah tersebut akan dipulangkan ke Tanah Air,” tutup Arsyad.

Info Lomba Terbaru