Penting! Begini Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Laporan: Aurelia Syafira Widya

Tomat memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Di antaranya vitamin C, K1, K, B9 (folat), B, dan kalium.Selain itu, tomat memiliki senyawa antioksidan penting bagi kesehatan seperti likopen, beta karoten, naringenin, asam klorogenik, klorofil, dan karotenoid.Melansir Healthline, kadar air dalam buah tomat bisa mencapai 95 persen, sedangkan sisanya terdiri
karbohidrat dan serat tak larut air.

Melansir dari kompas.com, berikut ini adalah manfaat tomat yang baik untuk kesehatan tubuh:

Advertisement

1. Mencegah kanker
Melansir Medical News Today, tomat adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas.Seperti diketahui, radikal bebas adalah salah satu pemicu kanker.

Studi yang dirilis jurnal Molecular Cancer Research mengaitkan asupan beta-karoten yang tinggi dengan pencegahan perkembangan tumor pada kanker prostat.

Tomat juga mengandung likopen. Senyawa polifenol yang memberikan warna merah pada tomat ini terbukti bisa mencegah kanker prostat.
Penelitian di Jepang juga menunjukkan, konsumsi beta-karoten dari tomat atau sayur dan buah lain dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Mengontrol tekanan darah
Bijak mengonsumsi garam dan natrium dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap ideal. Selain itu, menjaga tekanan darah agar stabil juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat. Kalium dapat melebarkan arteri sehingga aliran darah ke organ vital lebih lancar dan tensi terjaga

Baca juga: Sanksi Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

4. Bantu mengelola diabetes
Studi menunjukkan, penderita diabetes tipe 1 makan asupan tinggi serat memiliki kadar gula darah lebih rendah.

5. Mengatasi sembelit
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat dalam tomat dapat membantu mengurangi sembelit dan melancarkan BAB.

6. Menjaga kesehatan mata
Tomat dapat membantu melindungi mata dari kerusakan ringan. Tomat dapat memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan beta-karoten. Antioksidan ini terbukti bisa melindungi mata dari kerusakan karena paparan cahaya, katarak, dan degenerasi makula karena faktor usia.

7. Membuat kulit lebih sehat
Kolagen adalah komponen penting untuk kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Produksi kolagen dalam tubuh sangat bergantung pada vitamin C.

Vitamin C juga bagian dari antioksidan kuat. Dampak kekurangan vitamin C pada kulit bisa menyebabkan kulit keriput, kendur, sampai muncul noda hitam

Info Lomba Terbaru