PonPes Wali Adakan Workshop Homepreneur untuk Kemajuan UKM dan Pengusaha Muslim

SALATIGA, KataIndonesia.com – Pondok Pesantren WALI bekerja sama dengan Digileaps mengadakan workshop dengan tema “Homepreneur 5D Adalah Event Meningkatkan Daya Saing UKM di Indonesia dengan 5D (Doa Dagang Digital Duit Datang)”. Acara tersebut diadakan pada hari Senin (7/5) bertempat di Masjid Pondok Pesantren WALI, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Acara yang merupakan salah satu rangkaian _Haflah Akhir Sanah_ Pondok Pesantren Wali ini diadakan dengan tujuan membentuk para pengusaha muslim secara lebih baik dengan hasil yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga bernilai keberkahan.

Sebelum pembicara menyampaikan materinya, acara terlebih dahulu dibuka oleh Aang Arif Amrullah pada pukul 11.00, beliau membuka pembicaraan dengan menjelaskan apa itu UKM dan bedanya dengan usaha mikro dan jenis usaha lainnya.

Kemudian, acara diisi oleh Media & Digital Director Grey Group, Ivanul Furkhan. Beliau menjelaskan secara umum perubahan kebiasaan manusia yang sudah beralih ke dunia digital, “Semua yang ada di sekitar kita mulai bergeser ke dunia digital, jika kita tidak bisa menyesuaikan maka akan terlibas oleh teknologi yang semakin berkembang.” ujarnya.

Advertisement

Setelah pembicara pertama selesai, acara dihentikan sejenak untuk shalat zuhur dan istirahat.

Acara dimulai kembali pada pukul 13.00 dengan pemaparan materi tentang cara berpromosi yang baik oleh Founder Digileaps, Desvanto. Beliau menjelaskan bahwa setiap kita beriklan, harus dijelaskan terlebih dahulu target pasar yang akan dituju, agar iklan yang kita buat sampai sesuai sasarannya.

Setelah pembicara kedua selesai, acara dilanjutkan oleh Iwan Setyawan dari Tupay Aps yang menerangkan pentingnya administrasi dalam mengelola usaha, “Pendataan yang baik penting untuk menjaga kepercayaan, baik dalam internal UKM maupun eksternal.” Ujarnya.

Di akhir pembicaraan, Ivanul Furkhan memberikan pesan kepada para peserta dan pengusaha UKM agar tidak berputus asa, karena Allah sudah menjanjikan dalam al-Quran bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan, “Mari kita kembangkan UKM bersama-sama, hingga melahirkan pengusaha-pengusaha muslim yang baik dan bisa bersaing secara berkah.” pesannya di akhir acara.

 

LAPORAN: RIZAL

Info Lomba Terbaru