Rekomendasi Lokasi Wisata Rafting yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Saat watu libur panjang tiba, banyak sekali wisata yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah wisata ekstrem yang memacu adrenalin. Bagi kamu yang suka wisata yang memacu adrenalin, khususnya pecinta wisata arung jeram / rafting, alangkah lebih baiknya kamu mencoba beberapa lokasi wisata rafting terbaik di Indonesia dan tidak boleh dilewatkan karena keseruannya yang sangat memberi kesan tersendiri.

Berikut lokasi wisata arung jeram / rafting di Indonesia yang wajib kamu masukan ke bucket list liburan kamu.

Advertisement

1. Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jeram sungai Serayu tepatnya berlokasi di Kec Sigaluh, Kab Banjarnegara. Jeram di sungai Serayu ini cukup mengasah adrenalin, hanya saja masih belum begitu populer di kalangan pecinta rafting.

Sungai Serayu ini berada di Wonosobo. Untuk ke tempat ini, kamu harus melewati jembatan di Desa Belimbing, Desa Tunggoro di Kabupaten Wonosobo, dan Desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara.

Tingkat kesulitannya mulai dari grade 2 sampai 4. Bermuara di Cilacap dengan jarak tempuh 18 km. Di dalam perjalanan kamu dapat melihat panorama yang menakjubkan, terdapat hamparan persawahan, dan sungai yang masih bersih.

2. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon Pengandaran adalah objek tamasya sekalian body rafting di Pangandaran, Jawa Barat. Berbeda dengan rafting pada umunya, pengunjung dituntut untuk melaksanakan body rafting di atas batu karang mengaplikasikan sweater pelampung untuk kembali ke perahu.

Baca juga: Tokoh Agama Mendukung Papua Maju dan Damai

Jika kamu memiliki nyali lebih, kamu juga bisa merasakan hingga memanjat tebing di sekelilingnya dan melompat dari ransel batu yang tinggi.

3. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

Sungai yang berlokasi di Sumatera Barat ini dapat kamu arungi mulai dari Desa Taratak yang dapat dicapai kurang lebih 20 menit dari jalan lintas Padang-Painan. Sungai ini mempunyai grade 2-3 pada musim kemarau dan debit air yang stabil, tetapi pada musim penghujan sungai ini mempunyai Grade 4-5.

Waktu tempuh pengarungan 2 hingga 3 jam dengan karakter sungai di hulu yang sempit dan arus kencang. Serta mempunyai jeram-jeram besar sampai bisa membuat perahu terbalik.

4. Sungai Ayung, Ubud, Bali

Siapa yang tidak mengenal pulau yang satu ini, Bali. Di Bali juga terdapat wisata rafting. Berlokasi tepatnya di Desa Payangan, Ubud, Sungai Ayung telah cukup lama diketahui sebagai lokasi arung jeram menarik dan tenar di Bali.

Sungai Ayung yaitu sungai terpanjang di Pulau Bali yang memiliki panjang trek arung jeram hingga 12 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Menariknya, kamu berfoto-foto dengan latar ukiran pada batu-batu di pinggir sungai yang memiliki panjang sampai ratusan meter.

5. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Arung Jeram Sungai Nimanga ini berada di Pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara. Sungai Nimanga di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa menjadi unggulan. Di sini terdapat dua air terjun yang ketinggiannya masing-masing 70 meter dan 90 meter.

Waktu tempuh yang akan dicapai saat rafting bisa selama 5 hingga 6 jam. Keunikan pengarungan adalah kamu bisa menemukan satwa langka seperti Tarsius dan aneka variasi burung. Untuk menempuh lokasi ini bisa dicapai selama 3 jam melalui jalur darat dari Manado. Sungai ini mempunyai grade 5. Tidak heran, ada jeram setinggi 4 meter di Sungai Nimanga. Tentu diperlukan nyali dan kekompakan yang kuat untuk melaluinya.

Info Lomba Terbaru