Rekomendasi Wisata Religi di Jakarta yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Jakarta memiliki banyak tempat hiburan dan wisata. Salah satunya adalah objek wisata religi. Objek wisata religi di Ibukota Indonesia ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bukan hanya masjid, tapi juga gereja.

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Pusat pastinya yang paling unik karena dua rumah ibadah ini yang saling berhadapan, bahkan terdapat jalan penghubung antara dua rumah ibadah ini.

Advertisement

Hal ini menjadi simbol keberagaman dan persatuan Indonesia. Itu sebabnya banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang berbondong-bondong mengunjungi satu atau beberapa tempat wisata ini disaat memliki waktu luang.

Mengunjungi tempat wisata, baik yang sifatnya religi maupun non-religi memang selalu menarik. Karena akan ada banyak hal baru yang bisa kita temukan dan pelajari bahkan terapkan di kehidupan sehari-hari.

Kota Jakarta tidak hanya dikenal memiliki gedung pencakar langit yang tinggi. Karena di kota ini, terdapat banyak objek wisata religi, bukan hanya Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, tapi ada pula lainnya yang sayang untuk kamu lewatkan. Berikut ulasannya.

1. Masjid Istiqlal
Warga muslim yang berada di Kota Jakarta pasti cukup familiar dengan Masjid Istiqlal ini. Masjid ini berada di daerah Jakarta Pusat yang didapuk sebagai masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Saking megah dan besarnya, masjid ini mampu menampung sekitar 200 ribu jamaah.

2. Gereja Katedral
Gereja Katedral lokasinya masih di daerah Jakarta Pusat, bahkan berdekatan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini dahulu pernah terbakar tapi kini sudah diperbaiki kembali sehingga bisa digunakan oleh para jamaah. Gereja ini dibangun lalu diresmikan oleh Antonius Dijkmans pada 1810.

Baca juga: BOLEHKAH MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT SAAT HAID MENURUT ISLAM?

3. Makam Habib Hasan Al Haddad
Mengunjungi masjid sebagai objek wisata religi mungkin sudah bisa kita lakukan. Sebagai alternatif tempat lain, silakan kunjungi Makam Habib Hasan Al Haddad ini. Makam ini bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta Utara.

4. Makam Keramat Habib Kuncung
Berbeda dari tempat wisata religi di Jakarta sebelumnya, makam ini berada di Jakarta Selatan. Selain maka Habib Kuncung, terdapat pula makam Habib Munzir Al Musawa yang konon merupakan ketua Majelis Rasullulah.

5. Makam Al Hawi Condet
Makam Al Hawi Condet berada persis di kawasan Jakarta Timur, hampir sebagian besar pengunjungnya adalah warga Kramatjati, Jakarta Timur. Selain berziarah, pengunjung yang datang kesini juga bisa berbelanja. Ada banyak perlengkapan muslim yang ditawarkan seperti sarung, minyak wangi, dan baju muslim.

6. Makam Habib Ali Kwitang
Makam ini setiap hari tidak pernah sepi, ada saja warga Senen, Jakarta yang menyempatkan diri untuk berziarah di makam Habib Ali Bin Abdurrahman atau yang populer dengan sebutan Habib Ali Kwitang.

7. Jakarta Islamic Center
Jakarta Islamic Center merupakan tempat pengkajian sekaligus pengembangan ajaran Islam di Jakarta Utara. Didesain dengan sangat menarik, arsitek tempat ini adalah Ahmad Noeman yang sebelumnya telah mendesain Masjid At-Tin TMII.

8. Vihara Darma Bakti
Vihara Darma Bakti merupakan salah satu vihara yang bisa kita temukan di Jakarta. Untuk sampai ke tempat wisata ini, kita harus mengunjungi kawasan Jakarta Barat. Tempat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Tionghoa dan memiliki gaya arsitektur khas China.

Dengan mengenal seluruh tempat wisata religi Jakarta di atas, diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal serta menghargai peninggalan sejarah yang sifatnya spiritual.

Info Lomba Terbaru