Selain Hubungan Suami-Istri, 3 Amalan Ini Juga Datangkan Pahala di Malam Jumat

Dalam Islam, malam Jumat menjadi salah satu malam yang memiliki keistimewaan dibanding malam lainnya. Di malam ini berbagai amalan sunnah dapat dilakukan oleh umat Islam untuk memperoleh pahala berlimpah.

Keistimewaan hari Jum’at juga dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (Hadis Muttafaq Alaih)

Advertisement

Selama ini, banyak umat Islam yang mengira bahwa amalan sunnah yang bisa dilakukan saat malam Jum’at hanyalah berhubungan suami-istri.

Baca Juga: Begini Tips Ampuh Lawan Rasa Takut Berhubungan Suami Istri Bagi Pasangan Baru Menikah

Padahal, ada beberapa amalan lainnya yang bisa dilakukan untuk meraih pahala dan ridho dari Allah SWT.

Apa saja amalan-amalan sunnah yang mendatangkan pahala di malam Jum’at? Berikut ulasannya.

Memperbanyak membaca Sholawat

Salah satu amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan di malam Jum’at adalah memperbanyak membaca sholawat.

Membaca sholawat dilakukan sebagai wujud kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan memperbanyak sholawat, seorang muslim akan semakin dekat derajatnya dengan Nabi SAW.

Memperbanyak doa

Malam Jumat dan Hari Jumat merupakan waktu yang mustajab dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Dengan memperbanyak doa pada waktu tersebut, segala permohonan dan keinginan seorang hamba akan didengar oleh Allah SWT.

Sholat Tahajud

Amalan sunnah selanjutnya yang bisa mendatangkan pahala di malam Jumat adalah saling membangunkan suami/istri untuk bersama-sama melaksanakan sholat Tahajud

Info Lomba Terbaru