Tempat Diving Terbaik di Indonesia yang Mendunia!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Itu sebabnya, bawah laut Indonesia merupakan surga bagi para penggemar diving. Keindahan bawah laut di Indonesia bahkan sudah banyak yang diakui dunia, menjadikannya salah satu tujuan diving populer bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Bagi kamu yang berencana diving setelah redanya pandemi ini, berikut rekomendasi tempat diving terbaik di Indonesia yang mendunia.

Advertisement

1. Pulau Bali, Nusa Ceningan, Lembongan dan Penida
Pulau Bali merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di dunia per-diving-an. Bukan hanya memiliki banyak destinasi wisata, Bali juga memiliki beberapa tempat diving yang kerap kali jadi pilihan para penyelam baik pemula maupun profesional.

Salah satu destinasi tempat diving di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat di Bali adalah Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Di spot diving populer di Indonesia ini penyelam bisa menemukan kapal USS Liberty yang karam dan memiliki pemandangan sangat eksotis.

Di sekitar Pulau Dewata terdapat juga tiga pulau yang terkenal sebagai lokasi diving di Indonesia populer lainnya, yakni Nusa Ceningan, Lembongan, dan Penida. Setiap pulau ini menawarkan pengalaman diving yang berbeda-beda dan pastinya selalu memberi kesan tak terlupakan.

2. Lombok dan Pulau Gili
Tidak kalah menarik, di Lombok juga terdapat situs diving Indonesia yang telah medunia, Belongas Bay. Tempat ini banyak dikunjungi karena adanya hiu-hiu yang bisa menemanimu menyelam. Dari Sekotong, Lombok Selatan, kamu perlu menempuh kurang lebih 40 menit untuk sampai di tempat diving ini. Tidak berada jauh kamu bisa juga menemukan Gili Sarang. Sebuah situs menyelam lainnya dengan sarang ikan Mobula di kedalaman tertentu.

Di tempat lain, Pulau Gili Trawangan ada beberapa diving yang wajib masuk list kamu supaya tidak kelewatan yaitu Shark Point, Halik dengan kedalaman 5-24 meter dan Deep Turbo (untuk para profesional dan penyelam bersertifikasi). Jangan lupa juga untuk mampir ke Gili Meno dan temukan Meno Wall, tempat diving di Indonesia lainnya yang berkedalaman 18 meter dengan pesona kura-kura di sekitarnya.

3. Pulau Komodo, Flores
Pulau Komodo sering menjadi incaran para wisatawan yang suka mengarungi dalamnya lautan. Di pulau ini, terdapat empat situs diving yang amat terkenal, yaitu Batu Bolong, Tatawa Kecil, Manta Point, dan Batu Tiga. Semakin ke utara kamu akan semakin menemukan keanekaragaman biota laut dengan terumbu karang bersama hiu karang menghiasi tampilannya.

Baca juga: Viral ! Dukung Arahan Jokowi Stafsus Presiden Billy Mambrasar Rekomendasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan Berbasis Digital ke Nadiem Makarim

4. Taman Laut Bunaken, Sulawesi
Taman Laut Bunaken yang berada di Sulawesi Utara ini jelas merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan. Selain airnya yang amat jernih, terumbu karang, penyu, dan berbagai biota laut yang sangat bervariasi bisa kamu temui di tempat diving di Indonesia satu ini. Selin itu, masih terdapat banyak sekali titik-titik selam yang ditawarkan Bunaken, namun terdapat tiga tempat terfavorit di antara para penyelam dalam dan luar negeri, yakni: Lekuan, Celah Thath, dan Fukui Point.

5. Raja Ampat, Papua
Menyelami perairan Pulau Misool, Salawati, Batanta, atau Waigeo dijamin kamu bisa mendapatkan pemandangan alam bawah laut yang tidak akan pernah terlupakan. Itu sebabnya, kamu wajib membawa kamera underwater untuk mengabadikan momen selama menyelam.
Temukan sensasi berbeda lainnya dengan menyelam di bawah gua di Pulau Misool. Dinamakan Gua Tomolo, spot diving di Indonesia satu ini menawarkan ekosistem menarik yang jarang ditemukan di area menyelam lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung peninggalan zaman perang dunia yang karam di perairan Pulau Wai.

Info Lomba Terbaru