Tipe-tipe Traveling Kekinian yang Kamu Harus Coba

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Berkunjung ke tempat baru dan rehat sejenak dari aktivitas bisa menjadi cara yang jitu untuk mengusir kejenuhan.

Namun, saat ini pandemi membuat kita menghentikan sementara salah satu gaya hidup yang bahkan sekarang menjadi kebutuhan kita. Tapi tidak ada salahnya kita untuk merencanakan liburan untuk dikemudian hari ketika pandemi ini sudah reda.

Advertisement

Ketika traveling, biasanya kita mengambil momen yang sangat pas selama diperjalanan dan kemudian dibagikan ke instagram.

Terdapat berbagai cara orang-orang saat melakukan perjalanan untuk liburannya. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan kapal                                            Cara liburan menggunakan kapal ini termasuk sudah lama ada, namun akhir-akhir ini menjadi semakin populer karena paket liburan yang ditawarkan semakin beragam, harganya juga sangat variatif mulai dari budget minimal hingga sampai seharga hotel bintang lima.

Konsep iburan dengan kapal, sama seperti kamu berkunjung ke beberapa kota (dalam satu negara) atau beberapa negara yang berdekatan, namun bedanya adalah kamu tidak perlu berpindah tempat menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta. Cukup tenang-tenang saja di atas kapal, kamu akan sampai di tempat tujuan.

Baca juga: Omnibus Law Ciptaker Wujudkan Efiensi Kebijakan

Agar tidak bosan di dalam kapal selama perjalanan, banyak alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari olahraga (gym, kolam renang, bahkan, ‘lapangan’ olahraga tersedia), menikmati makanan lezat, berendam di jacuzzi, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, kamu bisa juga mencoba berlayar sambil menikmati keindahan panorama alam. Mengelilingi perairan dan mampir ke pulau-pulau di sekitar anggap saja Pulau Seribu misalnya.

Kegiatan yang dilakukan juga tidak jauh dari berenang, snorkeling, atau surving. Namun selama berlayar kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa dan tidur bersantai di kamar yang memiliki konsep open cabin.

2. Liburan sendiri ke tempat yang eksotis
Traveling sendirian? Kenapa tidak? Bepergian seorang diri terkadang justru bisa membuat Anda semakin mengenal diri sendiri. Cobalah pilih tujuan wisata yang eksotis sehingga Anda bisa keluar dari comfort zone dan mencicipi pengalaman baru, mengenal orang dan budaya yang berbeda.

Bepergian ke tempat eksotis juga tidak akan membuat Anda bosan. Coba saja kunjungi, Pulau Fiji, Cappadocia, Nepal, atau Maroko bisa jadi pilihan menarik.

3. Urban Explorer
Urban explorer merupakan kegiatan petualangan untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang terbuang dan jauh dari sifat komersil. Biasanya tipe yang seperti ini mengamati reruntuhan bangunan yang sudah ditinggalkan manusia.

Kegiatan ini memiliki risiko yang sangat tinggi diantaranya cedera fisik, ancaman hukuman, penangkapan, pelanggaran privasi Negara, hingga kematian. Namun, itu semua tidak terlalu dipentingkan bagi para urban explorer ketika mereka berhasil mendapatkan bukti visual yang bernilai jutaan dollar.

Target utama dari para explorer adalah tempat terbuang, kota mati, rumah sakit tua, stasiun, terowongan, lokasi pertambangan yang tersebar di berbagai Negara seperti Paris, Roma, Amerika, dan Jepang. Kegiatan ini cocok untuk kamu yang antimainstream.

4. Road trip
Traveling dengan cara road trip tidak dapat dilakukan sendirian. Biasanya tipe liburan seperti ini pergi bersama sahabat atau pasangan, yang pasti kamu harus benar-benar memilih rekan seperjalanan yang asyik, jika tidak perjalanan kamu akan sangat menyebalkan.

Sebab bagi kamu yang memilih road trip, tujuan bukanlah yang utama, namun perjalanan itu sendiri. Kamu bisa mengunjungi kota-kota menarik di dalam negeri dengan mengelilingi pulau Jawa sambil berwisata kuliner atau berpetualang di negara asing seperti New Zealand.

Info Lomba Terbaru