Wajib Dicoba, Minum Unik Ini Hanya Ada di Indonesia

Oleh: Shania Saufa

Tak kalah nikmat dari makanan khas daerah di Indonesia, minuman khas daerah di Indonesia ini bisa ditemukan di daerah lain. Kebanyakan minuman khas daerah di Indonesia kini mulai jarang ditemui dan kalah eksis dengan berbagai minuma kemasan praktis.

Walaupun bergitu, di tengah banyaknya minuman kemasan praktis, masih ada beberapa minuman khas daerah di Indonesia yang tetap eksis dan tentunya sangat nikmat dengan keautentikan rasanya. Ciri utama minuman khas daerah adalah bahan-bahan yang digunakan lebih banyak rempah-rempah.

Advertisement

Karena terbuat dari rempah-rempah alhasil minuman tersebut bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan badan dikala hujan. Selain rasanya yang khas minuman tradisional khas daerah juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Ini dia minuman-minuman khas daerah dengan cita rasa yang khas dan autentik.

1. Bir Pletok
Bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi yang berbeda dari bir pada umumnya. Bir yang satu ini tidak memabukan sama sekali karena bir ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe dan sere. Ada pula campuran daun pandan yang menambah cita rasa minuman jadi lebih wangi. Tambahan kayu secang akan membuat bir pletok berwarna merah. Selain itu ada juga tambahan kayu manis, kapulaga dan pala.

1. Bajigur
Minuman yang satu ini merupakan minuman yang berasal dari tanah Pasundan. Minuman tradisional ini terbuat dari gula aren, kopi dan santan. Minuman ini biasanya dijajakan di gerobak kaki lima. Dari segi rasa bajigur memiliki rasa manis dan gurih dikarenakan bahan utamanya adalah gula merah dan santan. Selain dapat menghangatkan tubuh, minum bajigur juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

2. Es Pisang Hijau
Minuman khas daerah di Indonesia berikutnya adalah Es Pisang Hijau. Minuman menyegarkan ini berasal dari Makasar. Disebut es pisang hijau karena warna pisang ini hijau, karena dibalut oleh kulit yang berwarna hijau. Adonan kulit yang berwarna hijau diperoleh dari tepung beras, santan, tepung kanji, dan air daun suji. Sedangkan bahan isian yang menemani es pisang hiaju ini sendiri adalah, bubur sumsum, mutiara sagu atau pacar cina, kacang tanah yang disangrai. Sedangkan untuk saus menggunakan sirup berwarna merah, es serut dan susu kental manis. Sangat lezat bukan?

Baca juga: Kuliner Khas Indonesia Bagian Barat Dengan Cita Rasa Otentik

3. Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang yang berasal dari Betawi atau Jakarta ini sudah ada sejak dahulu kala. Penggunaan aneka bahan yang terdapat dalam minuman menyegarkan ini seperti irisan tepung beras yang dicampur dengan air, dan dibentuk kotak-kotak, kemudian dikukus, dengan kuah dari gula merah, garam, gula pair, santan, dan juga daun pandan.

4. Es Tebak
Es tebak merupakan minuman khas daerah di Indonesia, yaitu Sumatra Barat. Es Tebak sendiri pada dasarnya merupakan minuman es campur. Seperti halnya es campur biasa, es tebak berisi campuran-campuran dari beberapa jenis panganan seperti, potongan nangka, kolang kaling, cincau, daging kelapa muda, alpukat, tape atau tapai dan tentu saja tebak itu sendiri. Es Tebak merupakan sejenis makanan di Sumatra Barat. Tebak ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie setelah dimasak menyerupai cendol.

5. Goyobod
Minuman ini merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Minuman menyegarkan ini terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain irisan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, kelapa muda kerok, dan tape hitam. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan campuran santan, susu, dan air kelapa. Untuk menikmati minuman ini, terutama ketika kamu berada di daerah Jawa Barat, tidak terlalu sulit, minuman ini banyak dijual di pedagang kaki lima, atau di beberapa tempat makan tertentu.

Info Lomba Terbaru