Wajib Dikunjungi! Museum yang Tidak Banyak Orang Tahu

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisatanya. Jika berwisata atau mencari obyek rekreasi, kamu juga tidak perlu selalu pergi keluar kota. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, ada banyak sekali obyek rekreasi di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat. Salah satunya adalah obyek wisata edukasi seperti museum.

Saat ini museum tidak lagi dipandang sebagai tempat usang untuk menyimpan berbagai kenangan atau sejarah masa lalu yang tidak menarik. Museum justru menjadi tempat menarik yang harus kamu kunjungi. Banyak orang-orang yang tidak mengetahui semua museum yang ada di Jakarta.

Advertisement

Baca juga: Mewaspadai Cluster Baru di Sektor Pariwisata

Berikut beberapa rekomendasi museum yang jarang orang ketahui di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

1. Meseum Serangga dan Kupu-kupu
Museum Serangga dan Kupu-Kupu ini berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur.

Walaupun sangat kecil, Museum Serangga ini kaya dan cukup membuat pengunjung yang datang terkesan. Museum ini berdiri pada April 1993 bertepatan dengan ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-18. Di dalam museum ini, terdapat sekitar 600 jenis serangga awetan kering, didominasi oleh kupu-kupu (sekitar 250 jenis), kumbang (sekitar 200 jenis), dan 150 species serangga lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat bermacam belalang, capung, jangkrik, dan banyak spesimen unik termasuk koleksi serangga hidup berupa belalang ranting dan kecoa Madagascar raksasa.

2. Museum Layang-Layang
Museum Layang-layang ini bertempat di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Museum layang-layang pertama di Indonesia ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 600 macam layangan yang bisa ditemui di mana-mana selain di tempat ini.

Bukan hanya bisa melihat tipe-tipe layangan tradisional dan canggih, tetapi kamu juga bisa mengajak anak atau keponakan untuk belajar membuat dan melukis layang-layang.

3. Ciputra Artpreneur Museum
Ciputra Artprenuer Museum berada di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan. Museum modern ini menampilkan berbagai karya kontemporer yang merupakan koleksi pribadi dari Dr. Ir. Kamu bisa belajar tentang perkembangan seni Indonesia dan melihat lukisan-lukisan yang digambar oleh Hendra Gunawan.

4. Museum di Tengah Kebun
Berlokasi Jl. Kemang Timur Raya No.66, Mampang Prpt., Jakarta Selatan, terdapat museum yang tidak banyak orang tahu. Terdapat Museum di Tengah Kebun yang privat dan tersembunyi di daerah Kemang.

Di dalam museum ini terdapat berbagai jenis pameran yang dikumpulkan oleh Sjahrial Djalil, mulai dari patung, topeng, sampai fosil pohon dan kerang yang berasal dari zaman Triassic dan Jurassic, kamu akan takjub melihat penemuan unik ni. Sang pemilik tersebut telah melakukan perjalanan keliling dunia sebanyak 26 kali, maka setiap barang yang didapatkan datang dengan kisahnya sendiri.

5. Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti berlookasi di Jl. Tanah Abang I No. 1, Gambir, Jakarta Pusat. Museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno, koleksi kerata jenazah antik, dan juga miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia.

Museum seluas 1,2 ha yang berada di Tanah Abang ini menampilkan karya seni dan memamerkan kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan. Kamu jangan terkejut, di tempat ini terdapat lebih dari 1300 makam, termasuk prasasti milik aktivis Soe Hok Gie dan Kapitan Jas.

6. Museum Seni Rupa/Keramik
Museum Seni Rupa atau Museum Keramik juga merupakan salah satu Museum yang berada di Kota Tua. Tepatnya di Jl. Pos Kota, RT.9/RW.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Barat.
Museum ini menampilkan berbagai karya seni rupa Indonesia, baik yang tradisional maupun modern. Berbagai karya seniman legenda seperti Affandi dan mantan gubernur Jakarta Henk Ngatung juga dipamerkan di Museum Seni Rupa.

Info Lomba Terbaru