Wisata Trekking yang Ada di Bandung, Kamu Harus Kunjungi!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Bandung identik dengan wisata alamnya yang indah. Tedapat banyak dataran tinggi di sekitar Bandung yang menjadikannya sebagai kota wisata yang terkenal di Jawa Barat.

Banyak para petualang yang datang ke Bandung karena ingin mengetahui objek wisata alam yang menantang. Untuk kamu yang suka trekking, tentu Bandung adalah pilihan wisata yang tepat.

Advertisement

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Berbera tempat wisata trekking di Bandung yang harus kamu dikunjungi.

1. Sanghyang Heuleut
Berada di kawasan Cipatat, Sanghyang Heuleut Bandung Barat memiliki sebuah tempat wisata tersembunyi yang dapat memberikan panorama alam terbaiknya. Tempat ini adalah sebuah laguna alami yang berada di hutan, di balik tebing.

Tempat Bernuansa Alam di Bandung ini terbentuk secara alami dari Gunung Sunda purba. Kontur alam yang unik tersebut berhasil menarik perhatian para petualang. Walau untuk menuju ke sana diperlukan sebuah perjalanan yang cukup panjang, nyatanya tempat ini memang layak untuk dikunjungi.

Trekking ke Sanghyang Heuleut membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dengan jalur yang menantang, kamu akan melewati sebuah perjalanan yang berkesan. Apalagi jika sudah sampai di laguna tersebut yang sangat indah.

Baca juga: Perkuat Imunitas Hadapi Pandemi Covid-19 di Musim Hujan

2. Tebing Gunung Hawu
Bagi para petualang, tempat wisata yang satu ini mungkin adalah yang paling lengkap. Karena, selain bisa trekking, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana ekstrem yang memacu adrenalin.

Berlokasi di Padalarang, Tebing Gunung Hawu bisa memberikan suasana alam yang masih asri. Selain itu tebing ini juga unik karena memiliki bebatuan yang menjulang. Suasananya akan mengingatkan Anda pada kondisi alam di Utah.

Di sana, pengunjung membutuhkan trekking sekitar 30 menit sebelum sampai di area wisata utamanya. Aneka wahana yang menantang bisa kamu coba, mulai dari panjat tebing, main hammock langsung di atas jurang, hingga menikmati sunrise maupun sunset.

3. Gunung Batu
Berada di kawasan Lembang, Bandung, Gunung Batu ini merupakan salah satu bagian dari patahan Lembang, dan terbentuk akibat letusan Gunung Sunda purba. Karena material di gunung ini dominan bebatuan, masyarakat di sekitarnya menyebutnya Gunung Batu. Tempat ini hanya memiliki ketinggian sekitar 1.335 meter di atas permukaan laut. Namun perjalanan mendaki ke atas juga tidak bisa diremehkan.

Dari puncaknya sendiri, pengunjung bisa melihat keindahan kota dengan pegunungan di sekitarnya. Mulai dari Gunung Putri, Tangkuban Perahu, hingga Burangrang. Selain itu, dari kejauhan juga akan terlihat Gunung Malabar, Haruman, dan Manglayang.

4. Curug Malela
Curug Malela Air terjun merupakan salah satu wisata trekking di Bandung yang bertema air terjun.

Curug Terbaik di Pulau Jawa ini berada di Desa Cicadas, Bandung Barat. Memiliki bentuk yang memanjang, Curug Malela disebut mirip dengan Niagara. Dari pintu masuk wisata, pengunjung perlu trekking terlebih dahulu sekitar 10 kilometer.

Selain trekking, pengunjung sebenarnya bisa naik ojek yang ada di dekat pintu masuk wisata. Hanya saja tarifnya sangat mahal. Walau perjalanan menuju Curug Malela cukup jauh, pemandangan yang didapatkan akan sangat menawan.

5. Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan merupakan tempat wisata alami di Bandung Barat yang menarik dan antimainstream. Kolam alami ini memiliki air yang sangat jernih. Bahkan karena sangat jernihnya, pengunjung bisa melihat bebatuan di dasarnya.

Untuk mencapainya, memang dibutuhkan perjalanan yang relatif sulit. Hal ini dikarenakan belum ada infrastruktur yang memadai di kawasan tersebut. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua, namun jalanan yang perlu dilewati sangat berbatu dan terjal. Sehingga seringkali pengunjung lebih memilih trekking.

Info Lomba Terbaru