Santri Gontor Gelar Zikir Akbar Online & Doa Bersama untuk Almarhum KH Syukri Zarkasyi

Sejumlah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo dari lintas angkatan yang tersebar di berbagai daerah, pada Rabu (18/11/20) menggelar zikir akbar yang digelar secara online, sekaligus mengirimkan doa untuk almarhum pimpinan dan pengasuh Pondok Gontor KH Syukri Zarkasyi yang wafat tepat pada bulan lalu.

Acara ini diinisiasi oleh alumni Gontor angkatan 99 awal dihadiri hampir seratusan partisipan yang hadir langsung di kediaman salah satu alumni Ustaz Rahmat KH di Pamulang Tangerang Selatan, dan sebagian melakukan doa secara online via Zoom.

“Acara ini dalam rangka mengenang dan mendoakan ayahanda (KH Syukri Zarkasyi), keluarga besar Gontor dan keluarga besar alumni angkatan Blue Generation 1999 (BG 99) yang mendahului,’ ujar ketua panitia, Ustaz Jamiluddin.

Advertisement

Baca juga: Wagub DKI Riza Patria Sambangi Pondok Darunnajah Bahas Kedatangan Santri Awal Tahun 2021

Acara berlangsung sangat khidmat dan khusuk. Sebagian peserta mengenang pesan dari KH Syukri Zarkasyi selama belajar di Gontor.

“Ustaz Syukri itu sosok yang tegas dan tak boleh setengah-setengah jika memberi tugas. Tidak boleh kira-kira jika memberi laporan ke beliau,” kenang salah satu salah satu alumni, Ustaz Zamroni.

“Kedislipinan. kesederhanaan dan keikhlasan di Gontor dan yang diajarkan Ustaz Syukri itu yang sangat membekas sampai kapanpun,” timpal Ustaz Jamiluddin.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan ramah tamah sejenak sebagai sesama didikan Pondok Modern Gontor Ponorogo. Usai berdoa dan zikir bersama suasana cair, menyatu, menanggalkan segala atribut pangkat yang disandang.

Dalam sesi santai Tajammuk (makan dan santai bersama khas Gontor), sejumlah alumni angkatan 99 yang sebelumnya sudah membentuk organisasi non-profit bernama Charity Works memaparkan sejumlah agenda ke depan.

“Dalam waktu dekat kita akan keliling ke sjumlah pesantren di Jawa Barat untuk memberi pelatihan gratis mendekorasi masjid,” papar Ustaz Jamiluddin lagi.

Angkatan 99 ini terbilang aktif dalam sejumlah kegiatan. Belum lama ini mereka memberikan pelatihan langsung ke Pondok Modern Gontor Ponorogo untuk memberitan pelatihan cara membuat hand sanitizer agar mencegah penyebaran wabah Corona di pondok.

Mereka juga aktif melakukan kegiatan sosial dan bantuan pasca bencana, salah satunya saat gempa Palu 2018 silam serta darurat bencana longsor yang menimpa Tasikmalaya, Jawa Barat pertengahan tahun ini.

Info Lomba Terbaru