Wahai Orangtua, Begini Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Suka Berbohong

Laporan : Halwa Fitriosa Khalida Falaquera

Sebagai orangtua pasti mengingkan perilaku anak yang baik, rajin, dan yang paling penting adalah jujur. Anak bisa saja tidak jujur dari dia berusia 4 tahun. Lalu apa alasannya? Bagaimana cara mengatasinya?

Biasanya saat anak sudah memasuki bangku sekolah, anak akan mencari perhatian atau ingin menjadi pusat perhatian kepada semua orang.

Advertisement

Alasannya karena mereka meanggap mereka harus mendapatkan apa yang dimata mereka itu berharga, seperti pengharagaan dan pujian dari orang lain, maka berbohonglah cara mereka untuk mendapatkan itu semua.

Anak juga bisa berbohong karena takut. Misalnya nih, anak tahu dirinya melakukan kesalahan. Nah, agar nggak dimarahi orang tuanya atau orang dewasa lainnya, mereka pun menutupi kesalahannya dengan berbohong .
Ironinya, hal semacam ini seringkali lolos dari perhatian para orang tua.

Penyebab anak berbohong paling sering di dapati adalah ketika ia berpura-pura sakit dan tidak ingin masuk sekolah. Biasanya pasti ada satu hal yang mengganggunya atau ada situasi yang tidak menyenangkan baginya disekolah.

Lalu, ia juga takut akan dihukum, sebuah studi menemukan bahwa hukuman justru akan membuat anak tidak akan lagi mengatakan kebenrannya. Hal ini akan terjadi karena ada rasa kekhawatiran anak ketika ia sudah mengatakan hal yang sebenarnya mereka justru akan dihukum.

Baca juga: Untuk Istri, Suamimu Akan Setia Jika Kamu Lakukan Ciuman Ini

Jadi hal ini akan membuat anak tidak akan mengatakan hal yang sebenarkan karena takut jika harus berkata jujur dan akan dimarahi atau mendapatkan hukuman.

Selain ini tuntutan orangtua yang terlalu tinggi juga akan membuat anak menjadi orang yang tidak jujur. Jika anak merasa tidak mampu untuk memenuhi tuntutan orangtua yang terlalu tinggi, maka mereka akan berbohong untuk membahagiakan dan penerimaan dari orangtua.

Biasanya anak juga akan selalu beruhsa untuk menyenangkan, membantu atau melindungi orang lain atau temannya karena teman begitu penting untuk anak, makanya ia akan melakukan cara itu.
Kadang daya imajinasi anak yang sangat tinggi juga akan membuat ia tidak mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan. Ia nantinya akan mengatakan hal-hal yang sebenarnya hanya khalayan.

Maka, sejak dini anda sebagai orangtua harus membuat anak menyadari anak bahwa ketidak jujuran atau berbohong merupakan hal yang tidak baik di lakukan, bohong merupakan kebiasaan buruk, dan hal ini akan membuat mereka lebih dekat dengan masalah.

Selain itu coba untuk tidak bereaksi berlebihan kepada anak ketika ia sedang melakukan hal tidak baik ini padahal anda tahu ia sedang melakukan itu. Karena jika kita bereaksi berlebihan hal itu bisa membuat anak bersikap di luar kendali.

Selain itu,se baiknya kita dengarkan dulu alasan anak mengapa dia sampai berbohong. Jadi kita jangan buru-buru menghakimi anak saat dirinya ketahuan berbohong.

Coba untuk lebih dekat dengan anak, sering-sering menghabiskan waktu berharga dengannya dan mencoba menjelaskan dan menerapkan hal-hal kejujuran,

Contohkan pada anak untuk bersikap jujur, jangan sesekali anda berikan contoh tidak baik ini. Karena ingat anak akan selalu meniru atau mencontoh perilaku orangtua atau disekelilingnya di kemudian hari.

Ketika anak sudah melakukan hal kejujuran cobalah untuk menghargai dan berikan dukungan kepada mereka. Hal ini akan membuat mereka bisa jujur terhadap anda.

Jika anak sudah sangat mendramatisir keadaan sampai berbohong dalam skala besar, karena ia merasa sedang berada disituasi yang sangat terancam. Maka anda harus mencari bantuan kepada orang yang profesional agar mendapatkan penangan yang tepat untuk anak kita kedepannya.

Info Lomba Terbaru